Rektor UNM, Husain Syam (kanan) melaksanakan salat Idulfitri 1442 H di Masjid Nurul Ilmi UNM, Kamis (13/05/2021)/Ist

Idulfitri, Rektor UNM Ingatkan Masyakarat Patuhi Prokes Covid-19

Jumat, 14 Mei 2021 | 23:30 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Husain Syam melaksanakan salat Idulfitri 1442 H di Masjid Nurul Ilmi UNM, Kamis (13/05/2021). Ia ditemani keluarga, para Wakil Rektor dan sivitas akademika.

Husain tampak duduk di shaf terdepan. Selain itu, sejumlah jajaran rektorat dan Dekan di kampus orange itu terlihat ikut menggelar salat Idulfitri di lokasi tersebut.

Khutba dibawakan oleh, Lomba Sultan. Ia membawakan tema “Dengan Idul Fitri 2021 M/1442 H, kita memenangkan spiritual dan emosional dalam menggapai predikat ketaqwaan kepada Allah SWT”.

Ia menyampaikan dalam Idulfitri sekurang-kurangnya ada dua bentuk kemenangan bagi umat Islam yang berpuasa. Pertama, kemenangan spritual adalah kemenangan jiwa, jiwa yang menang ialah yang selalu bersih dan suci dari berbagai noda dan penyakit.

Seperti syirik, takabbur atau sombong,

angkuh, iri hati ataucemburu, dan berbagai penyakit hati lainnya. Di mana diharapkan melalui Ramadhan dapat terkikis habis.

Kemudian yang kedua, kemenangan emosional. Jika diperhatikan teori tentang kecerdasan emosi yang dijelaskan oleh para ahli psikologi, ternyata konsep kecerdasan emosi ini berbanding sama dengan konsep kesabaran dalam Islam.

Sementara itu, Husain Syam mengharapkan lebaran Idulfitri tahun kedua di masa pandemi Covid-19 merupakan suatu kesyukuran. Sebab, bisa secara langsung melaksanakan di masjid atau pun tempat lain.

Setelah pelaksanaan salah Idulfitri, Rektor UNM beserta keluarga dan para Wakil Rektor melanjutkan Halal Bi Halal di Rujab. Dan tetap mengikuti prokes kesehatan.(*)


BACA JUGA