Ketua Pansel Job Fit Pejabat Eselon II, Yusran Jusuf

Job Fit Pejabat Pemkot Makassar Diagendakan Terlaksana 19-20 Mei 2021

Senin, 17 Mei 2021 | 12:55 Wita - Editor: Muhammad Fardi -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar menjadwalkan job fit atau seleksi kesesuaian untuk jabatan pimpinan tinggi (JPT). Job fit rencananya digelar pada 19 – 20 Mei 2021.

Yusran Jusuf, selaku Ketua Panitia Seleksi (pansel), mengatakan KASN telah memberikan izin kepada Pemkot Makassar untuk melaksanakan job fit dalam rangka pengisian jabatan, termasuk jabatan lowong.

“Pelaksanaannya diikuti seluruh pejabat definitif eselon II. Hasil job fit ini yang menjadi dasar wali kota menempatkan pejabatnya pada jabatan eselon ini yang kosong 17 jabatan,” kata Yusran dalam konferensi persnya di Coffee Lovers, Senin (17/5/2021).

Wali Kota Makassar pun telah menunjuk pansel sebanyak 5 orang. Selain Yusran Jusuf, mereka adalah Aminuddin Ilmar (Guru Besar Fakultas Hukum Unhas), Imran Jauzi (Kepala Badan Kepegawaian Daerah Sulsel), Muhammad Ansar (Sekretaris Daerah Kota Makassar) dan Maqbul Halim sebagai pihak eksternal.

Yusran menuturkan bahwa job fit ini melihat dan memadukan potensi pejabat yang bersangkutan. Dengan begitu, peserta job fit nanti diberikan kesempatan untuk memilih jabatan yang menurut mereka cocok.

Namun pilihan pejabat yang bersangkutan belum tentu sesuai dengan penilaian pansel. Nantinya, ada tiga nama dalam satu jabatan yang diusulkan ke wali kota. Setelah itu, wali kota yang memilih mana dari pejabat tersebut yang cocok.

“Tapi pertimbangan pertama tentu kompetensi, dan itu kewenangannya pansel. Dan kami jamin pansel kita ini betul-betul netral, Pak Wali juga sudah mengatakan bahwa dia ingin terbuka. Jadi silahkan berikan nama-nama yang betul-betul berpotensi,” kata Yusran.(*)


BACA JUGA