Anggota Komisi A Bidang Pemerintahan DPRD Kota Makassar, Hamzah Hamid/Int

Dewan Sarankan Pemkot Gandeng Baperjakat di Lelang Jabatan Kepala Sekolah

Rabu, 19 Mei 2021 | 15:35 Wita - Editor: Muhammad Fardi -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Anggota Komisi A DPRD Kota Makassar, Hamzah Hamid meminta pemerintah kota melibatkan Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan atau Baperjakat dalam lelang jabatan Kepala Sekolah.

Hamzah menilai kepala sekolah mesti memiliki Nomor Unik Kepala Sekolah (NUKS). Sebab itu, calon-calon kredibel harus menjadi prioritas.

“Celah-celah negatif dalam lelang juga harus dihindari. Itulah mengapa pelibatan Tim Baperjakat begitu penting,” kata Hamzah, Rabu (19/5/2021).

Apalagi, kata Hamzah, pihak sekolah tak akan bisa mencairkan dana BOS jika kepala sekolahnya tidak memiliki nomor unik kepala sekolah atau NUKS.

“Lebih baik dilibatkan tim Baperjakat, kembali ke undang-undang. Kalau Kepsek itu kan syarat utama harus ada NUKS-nya. Karena sepengetehuan saya, Kepsek yang tidak punya NUKS tidak bisa mencairkan dana BOS,” ungkapnya.

Hamzah melihat saat ini sumber daya Kepala Sekolah di Makassar terbilang kurang. Sebab itu, ia juga meminta pemerintah kota untuk membuka pelatihan bagi Kepala Sekolah.

“Di Makassar itu sudah kekurangan Kepsek. Pemkot ke depan harus membuka pelatihan kepala sekolah. Karena yang sekarang, biar diputar-putar bagaimana, Kepsek ya itu-itu saja, tidak ada stok,” jelasnya.(*)


BACA JUGA