Ilustrasi penipuan/Int

Penipuan Mengatasnamakan Petugas Damkar Makassar, Masyakarat Diminta Waspada

Senin, 24 Mei 2021 | 16:27 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Ada-ada saja penipuan yang merebak di Kota Makassar. Kali ini, terdapat orang yang mengatasnamakan petugas Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar).

Modusnya, orang tersebut menggunakan atribut Damkar lalu masuk di beberapa instansi. Ia kemudian meminta sejumlah uang dengan memaksa mengganti Alat Pemadam Api Ringan (APAR).

Demikian disampaikan Plt Kepala Dinas Damkar Kota Makassar, Hasanuddin. Ia pun meminta warga untuk waspada.

“Orangnya atas nama Irvan biasanya mengatasnamakan petugas Damkar yang masuk ke sekolah dan perkantoran. Seolah sebagai petugas retribusi dan langsung memaksa atau mengganti APAR,” jelasnya.

“Padahal ini kan APAR kalau kita beli di tempat lain tidak mahal. Apalagi kalau hanya cuma merefill isi tabungnya. Ini justru tiga kali lipatnya,” sambung pria yang akrab disapa Uchu ini.

Kejadian ini tak hanya terjadi sekali. Orang yang dimaksud rupanya berulang kali melakukan modus penipuan serupa. Dan sangat meresahkan masyakarat.

“Sudah banyak laporannya kita dapat. Infonya orang ini salah satu ASN di kelurahan,” singkat Uchu.

Terakhir, apabila ada orang yang membawa nama intansi Damkar untuk meminta sejumlah uang, ia pun harus memperlihatkan surat tugas. Bahkan, bisa melapor ke Damkar.

“Kita memang ada petugas yang menagih retribusi. pemeriksaan alat Damkar di instansi tapi tidak begitu nilainya. Dan kami imbau masyarakat agar berhati-hati,” imbau Uchu. (*)


BACA JUGA