Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto saat menemukan salah satu truk sampah Tangkasaki yang diduga disembunyikan di gudang, Jalan Tarakan, Kecamatan Wajo, Rabu (02/06/2021)

Danny Geram, Ada Truk Sampah Tangkasaki Diduga Sengaja Disembunyikan

Kamis, 03 Juni 2021 | 20:06 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Satu dari beberapa truk pengangkut sampah bernama Tangkasaki yang disembunyikan kini didapat. Salah satunya berada di salah satu gudang di Jalan Tarakan, Kecamatan Wajo.

Sebelumnya, truk ini ditemukan langsung oleh Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto pada Rabu (02/06/2021). Saat ditemukan, kendaraan terparkir di lahan kosong.

Ketika dihampiri, kedua pintu terkunci. Tampak bagian luar, kondisinya masih baik. Hanya warna cat yang sedikit memudar karena terkena terik matahari.

Olehnya diambil kesimpulan, mobil tersebut jarang digunakan. Dikuatkan dengan adanya laporan dari masyarakat.

“Inilah bukti ada indikasi di kecamatan, terjadi manipulasi. Ini aset negara, harusnya digunakan. Dari laporan warga, truk ini sudah tidak digunakan sejak 2018 lalu,” ujar Danny.

Danny mengatakan hal itu sebagai bentuk korupsi. Modusnya, melaporkan keuangan fiktif dalam operasionalnya.

Ia juga menjelaskan bahwa mobil terpakir dan tidak digunakan. Namun, anggaran bahan bakarnya tetap dikucurkan termasuk gaji sopir.

“Kondisinya masih baru ini, hanya cat yang memudar saya lihat. Ban nya juga masih tebal ini,” tambahnya.

Langkah awal yang akan diambil dengan melakukan audit internal. Hal ini untuk memastikan adanya manipulasi laporan keuangan.

“Inilah yang pernah saya sampaikan, ada juga laporan truk terparkir di tempat lain di kabupaten Gowa,” ucapnya.

Selain itu, Danny menegaskan akan segera mengevaluasi seluruh Camat dan SKPD Pemkot Makassar. “Kita akan resetting ini barang,” tukasnya. (*)


BACA JUGA