Komunitas Sepeda Tua Makassar (Kostum) saat berkeliling kota, Senin (17/8/2020)

Bangun Jalur Sepeda Sepanjang 5 Km, Danny Targetkan Selesai Tahun Ini

Jumat, 04 Juni 2021 | 19:23 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto berencana membangun jalur khusus pesepeda. Dan ditargetkan bisa rampung pada tahun ini.

Jalur sepeda itu akan dibuat sepanjang 5 kilometer (km) secara permanen. Lintasannya melewati jalan sekitar ikon kota Makassar, yakni Lapangan Karebosi dan Anjungan Pantai Losari.

Beda dengan jalur sepeda pada umumnya, di mana mengikuti arus kendaraan lain. Danny menginginkan lintasannya harus melawan arus.

“Saya akan bikin jalur sepeda disini (Karebosi), tapi ini khusus bersepeda satu arah dia, jadi nanti balik lawan arah,” ungkap Danny saat ditemui di Tribun Lapangan Karebosi, Jumat (04/06/2021).

“Jadi mereka akan selalu di pinggir, nanti Pantai Losari saya mau kembalikan arahnya. Jadi mereka aman karena dia di pinggir,” sambungnya.

Adapun jalan yang dilalui adalah Jalan Ahmad Yani, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Haji Bau, dan Jalan Penghibur. “Dia di bagian dalam semua,” sebut Danny.

Meski lintasan yang dibangun berlawanan arah, namun Danny memastikan jalur tersebut dibuat senyaman mungkin. Juga tidak menganggu pengendara yang melintas.

Tidak menutup kemungkinan, Danny akan menambah jalur sepeda. Namun masih akan disurvei terlebih dahulu.

“Insha Allah tahun ini saya bikin, sementara itu dulu, nanti kita survei yang lain, supaya tidak mengganggu lalu lintas,” jelasnya.

“Kecuali Sabtu dan Minggu, nanti kita ada sistemnya, khusus hari itu kita on kan semua,” tutup Danny. (*)