Pemuda Tani Mandiri (Petani Mandiri) di Kabupaten Bulukumba

Dukung Kemajuan Pertanian, Pemuda Tani Mandiri Siap Cetak 5.000 Petani Milenial di Bulukumba

Jumat, 04 Juni 2021 | 15:13 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

BULUKUMBA, GOSULSEL.COM — Bupati Bulukumba, Muchtar Ali Yusuf bersama Wakil Bupati Bulukumba, Andi Edy Manaf beberapa waktu lalu melakukan pertemuan dengan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL). Agendanya fokus membahas pembangunan sektor pertanian Bulukumba yang lebih maju dan modern dari hulu ke hilir sehingga mampu melakukan langsung ekspor pangan.

Ketua Umum Pemuda Tani Mandiri (Petani Mandiri), Ichi Indrawan memberikan acungan jempol terhadap fokus program terobosan pemerintahan Bulukumba di sektor pertanian tersebut. Pasalnya, pertanian merupakan salah satu sektor yang mampu eksis dan menggerakan roda perekonomian masyarakat di tengah pandemi Covid-19 sehingga perlu didukung semua pemangku kepentingan, salah satu petani milenial punya potensi besar membangun pertanian yang maju.

“Kami dari Pemuda Tani Mandiri sangat mengapresiasi perhatian Pemda terhadap sektor Pertanian. Kami siap membantu cetak 5.000 petani milenial di Bulukumba dan kami sudah berusaha membangun jaringan hingga ke pemerintah pusat,” ujar Ichi di Makassar, Jumat (4/6/2021).

Ichi menjelaskan peran petani milenial dalam mewujudkan pertanian dari hulu ke hilir tidak dipertanyakan lagi. Sebab memajukan pertanian harus melalui inovasi dan teknologi modern serta mengkonsolidasikan kelembangaan petani agar dekat dengan pembiayaan dan akses pasar baik domestik terutama ekspor.

“Mewujudkan ini membutuhkan sentuhan dan keterlibatan para generasi milenial, yang punya semangat, kreativitas tinggi dan mampu menerobos segala tantangan,” ujarnya.

Oleh karena itu, Ichi berharap Petani Mandiri dapat bersinergi dengan Pemerintah Bulukumba untuk pengembangan korporatisasi pertanian dan mempersiapkan regenerasi di sektor pertanian. Milenial dan anak muda perlu terus menerus diajak untuk ikut terjun ke sektor pertanian untuk menjadi agen penggerak pertumbuhan ekonomi dan kemandirian pangan.

“Saya berharap Pemuda Tani Mandiri bisa bersinergi dengan Pemda dalam mendorong regenerasi petani di Bulukumba, juga mendorong tumbuhnya wirausaha muda di bidang pertanian. Pemuda Tani Mandiri siap cetak 5.000 Petani Milenial di Bulukumba. Kami pasti bisa jika diberi kepercayaan,” tegas Ichi.

Sebelumnya, Bupati Bulukumba, Muchtar Ali Yusuf menyebutkan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo sangat mensupport programnya untuk memajukan sektor dengan mengoptimalkan segala potensi pertanian Bulukumba berbasis ekspor. Apalagi pada kondisi pandemi saat ini, hanya pertanian yang bisa bertahan dan Bulukumba masih positif akan pertumbuhan ekonominya.

“Pak Menteri Pertanian SYL memberikan dukungan penuh salah satunya benih unggul yang akan ditanam para petani dan akan dikembangkan pada daerah-daerah yang sudah dipetakan. Sehingga lokasi lahan dapat disesuaikan dengan pengembangan setiap komoditas,” ujarnya.

“Nanti Kementan turunkan tim ke Bulukumba untuk melihat dan memetakan wilayah dengan bibit yang seperti apa yang cocok untuk di beberapa tempat, di beberapa kecamatan masing-masing dengan lain komoditi tentunya,” pinta pria yang akrab disapa Andi Utta.(*)


BACA JUGA