Hariyadi Kaimuddin selaku Marketing & Business Development Director KALLA sedang memberikan sambutan kepada peserta AVI Makassar di NIPAH, Sabtu (5/6/2021)

Sukses Digelar, 15 Peserta Terbaik AVI Makassar Berkesempatan Magang di KALLA

Sabtu, 05 Juni 2021 | 18:32 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Fotografer: Erik Didu - Go Cakrawala

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Akademi Vokasi Indonesia (AVI) yang merupakan ajang kompetisi keahlian yang digelar Kemendikbud baru saja sukses digelar di Kota Makassar, Sabtu (5/6/2021). Bekerjasama dengan Kalla Group, AVI digelar dengan mengusung keahlian teknik otomotif.

pt-vale-indonesia

Bertempat di NIPAH, pembukaan gelaran AVI dihadiri oleh top manajemen dan direksi KALLA. Juga turut hadir pewakilan dari petinggi Kemendikbud Republik Indonesia. Tak hanya itu, Jusuf Kalla juga turut memberikan sambutan dalam gelaran AVI Makassar kali ini.

Gelaran ini sukses mengikutsertakan belasan anak muda tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Politeknik, Lembaga Kursus, dan pelatihan penggemar otomotif untuk mengikuti kompetisi AVI ini. Peserta terdiri dari berbagai SMK, diantaranya SMK 5 Makassar, SMK Kebangsaan Indonesia Maros, Sekolah Dirgantara, SMKN 9 Bulukumba, dan SMK Negeri 1 Watang Pulu, dan SMKT Somba Opu Gowa. Juga hadir peserta dari Politeknik Bosowa, dan Politeknik Negeri Ujung Pandang.

Jusuf Kalla dalam sambutannya menyampaikan penghargaan kepada Akademi Vokasi Indonesia yang diselenggarakan di Makassar. Pengalaman adalah guru yang terbaik. Suatu negara yang maju tentunya membutuhkan industri dan peningkatan kualitas SDM. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan SDM tentunya dengan mengadakan pendidikan dan pelatihan.

“Gabungan antara pendidikan yang diterima di sekolah, dengan vokasi yang dilakukan bekerja sama dengan industri merupakan cara kita dalam menghadapi masa depan ekonomi yang sangat bersaing dewasa ini. Apabila kita tidak bisa bersaing, kita akan ketinggalan. Saya berterima kasih dengan adanya Akademi Vokasi Indonesia yang dapat memajukan tenaga kerja, memajukan ekonomi kita,” ungkap Jusuf Kalla dalam sambutannya. 

Hariyadi Kaimuddin selaku Marketing & Business Development Director KALLA mengungkapkan bahwa KALLA senantiasa mendukung tujuan dari kegiatan AVI ini. Dalam rangka memaksimalkan penyerapan tenaga magang maupun tenaga kerja vokasi di seluruh Indonesia dalam dunia usaha dan dunia industri. Kami juga berharap bisa mempererat jalinan kerja sama pendidikan vokasi dalam dunia usaha dan dunia industri kedepannya.

“KALLA juga telah memberi perhatian terhadap penyerapan tenaga vokasi dalam berbagai kejuruan, khususnya yang in line dengan bisnis KALLA. Kami juga telah menjalin kerja sama dengan beberapa sekolah kejuruan dan politeknik di kota Makassar untuk mendukung kemajuan pendidikan vokasi. 15 Peserta terbaik dari AVI ini diberi penghargaan untuk menggali pengalaman kerja dalam program magang di KALLA,” ujar Hariyadi. 

Benny Bandana Djaja selaku Direktur Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek RI juga menambahkan bahwa serapan tenaga kerja utamanya lulusan pendidikan vokasi di Indonesia perlu dioptimalkan. Salah satunya melalui program “Link and Match” antara dunia pendidikan dengan dunia usaha dan dunia industri. Melihat hal ini, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud RI menggagas satu kegiatan bertajuk Akademi Vokasi Indonesia. 

“Melalui kegiatan ini, peserta yang menjuarai kegiatan ini bisa magang di perusahaan-perusahaan ternama di Indonesia. Olehnya itu, kami bekerjasama dengan KALLA karena kami tahu, KALLA adalah perusahaan ternama di Indonesia khususnya di Makassar. Maka kami berterima kasih atas support KALLA untuk mendukung kegiatan ini dan komitmen nyata untuk menyerap tenaga vokasi di Indonesia,” pungkas Benny.

Selama gelaran AVI Makassar, peserta harus melewati beberapa tahap “Automotive Skill Challenge” antara lain Tes Teori dan Tes Teknikal. Uniknya Tes Teori diadakan secara daring melalui gawai peserta. Selanjutnya Tes Teknikal dibagi beberapa pos antara lain Electrical, Service Berkala, Pengukuran, dan Diagnosa bertempat di bengkel NIPAH dengan kehadiran 2 unit Benelli dan 2 unit Toyota Avanza sebagai unit yang diperiksa. Peserta kemudian dibagi kedalam beberapa batch. 

Peserta atas nama Muhammad Ilham Perdana Putra dari SMKN 5 Makassar berhasil meraih score juara pertama dan mendapatkan hadiah senilai 15 Juta Rupiah dan Laptop Estima. Selain itu, peserta peringkat 5 besar antara lain Muh.Ilham (Politeknik Negeri Ujung Pandang) Arya Yunus Saputra (SMKN 5 Makassar), Khaidir Maarif (Politeknik Bosowa), Alimin Rajab (SMKN 5 Makassar) juga mendapatkan masing-masing Laptop Estima Lebih spesial lagi, 15 peserta terbaik akan berkesempatan Magang di KALLA.(*)