Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Gowa, Karim Dania

Akhir Triwulan Kedua, Serapan Anggaran APBD Gowa 2021 Capai 20 Persen

Jumat, 11 Juni 2021 | 15:20 Wita - Editor: Dilla Bahar -

GOWA, GOSULSEL.COM–Serapan Anggaran Pendapatan Belajar Daerah (APBD) Kabupaten Gowa tahun 2021 akhir triwulan kedua mencapai kisaran 20 persen.

“Sampai akhir triwulan kedua di bulan Mei, serapan anggaran kita sudah mencapai 20 persen,” kata Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Gowa, Karim Dania, Jum’at (11/6/2021).

Karim mengatakan, capaian 20 persen penyerapan anggaran Gowa tahun ini masih dalam kategori normal.

Hal itu diketahui setelah Kementerian Dalam Negeri melakukan monitoring serapan anggaran untuk Kabupaten Gowa.

“Kita masih dalam kategori normal. Artinya tidak diatas dan juga tidak dibawah. Serapan anggaran kita berada diposisi tengah keatas dari seluruh pemerintah daerah di Indonesia,” ujarnya.

Sebelumnya, Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Hj. Kamsina berharap agar dilakukan percepatan penyerapan Anggaran dan Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Gowa Tahun Anggaran 2021.

“Bapak Bupati Gowa telah mengingatkan kita agar daya serap anggaran bisa lebih cepat dari tahun sebelumnya, sehingga pencairan tidak lagi menumpuk nanti di Desember 2021 ini,” kata Kamsina.

Ia meminta Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), baik penggunaan anggaran maupun pengelola Pendapatan Asli Daerah (PAD) melakukan perencanaan yang baik untuk mempercepat serapan anggaran.

Apalagi katanya, tahun 2020 lalu Kabupaten Gowa merupakan kabupaten dengan serapan anggaran tertinggi di Indonesia, yaitu berada di posisi ke-4 nasional. Selain itu, dirinya juga berharap di triwulan kedua realisasi pendapatan dan belanja daerah Kabupaten Gowa bisa di atas 50 persen.

“Saya minta SKPD agar menggerakkan kegiatan-kegiatan yang bisa dinikmati masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan. Jadi saya sampaikan seluruh SKPD untuk merencanakan apa yang harus dilakukan untuk merealisasikan anggaran-anggaran yang ada di SKPD masing-masing,” ungkapnya. (*)

*Reporter: Endra Sahab


BACA JUGA