Kagum, Menparekraf Sandiaga Uno Upayakan Geopark Maros-Pangkep Diakui UNESCO

Kamis, 17 Juni 2021 | 23:02 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAROS, GOSULSEL.COM — Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno menyambangi Geopark Maros-Pangkep, Kamis (17/06/2021). Salah satu yang dikunjunginya dalam kawasan ini ialah Rammang-rammang.

Dalam kunjungannya, Sandiaga menilai bahwa kawasan ini punya banyak nilai jual ke wisatawan. Khususnya di Rammang-rammang, ia tersanjung melihat bebatuan karts dan goa yang ada.

“Kita lihat di kampung karst rammang-rammang itu adalah daya tarik pariwisatanya dari karstnya sendiri,” ujarnya.

“Kalau kita tadi lewat ada Goa kampret, terus ada terowongan batu, itu cantik sekali, saya terpukau dan menurut saya ini sensasinya benar-benar fantastis,” sambung Sandiaga.

Diketahui, Pemprov, Pemkab Maros dan Pangkep berupaya kawasan tersebut bisa diakui UNESCO dan masuk dalam Global Geopark. Sandiaga pun mengaku siap membantu.

“Saya lihat bahwa pak Bupati dan pak Gubernur ini menaruh perhatian yang luar biasa jadi saya tidak melihat ada kendala,” sambungnya.

“Mudah-mudahan masalah yang klasik seperti sampah sinyal itu bisa kita selesaikan karena dari segi wisata alamnya dan budayanya luar biasa,” jelas Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini.

Terakhir, untuk bisa meraih predikat UNESCO Global Geopark, ia memandang perlu adanya kolaborasi antar pusat dan daerah. Olehnya, pihaknya akan siap berkontribusi demi memenuhi penilaian dari UNESCO.

“Assesment dari UNESCO akan berpusat pada tiga yaitu lingkungan, budaya, dan sosial jadi ini yang harus kita buatkan. Sehingga nanti seperti Belitung tahun lalu yang langsung mendapatkan status Global Geopark, Kampoeng Karst Rammang-rammang Maros-Pangkep ini juga bisa mendapatkan status UNESCO,” tutupnya.(*)


BACA JUGA