Menparekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno saat berkunjung ke Rammang-rammang, Maros, Kamis (17/06/2021)/Ist

Menparekraf Sandiaga Uno: Sulsel Harus Punya 50 Desa Wisata Representasi Indonesia Timur

Kamis, 17 Juni 2021 | 17:54 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAROS, GOSULSEL.COM – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno mendorong agar Sulsel mampu mengembangkan potensi wisata yang ada. Khususnya di desa.

Hal itu diungkapkannya saat menyambangi Rammang-rammang, Kabupaten Maros, Kamis (17/06/2021). Sandiaga terlihat didampingi oleh Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman dan Bupati dan Wakil Bupati Maros, Chaidir-Suhartina.

Sandiaga mengatakan bahwa desa di Sulsel punya potensi besar menarik pengunjung wisatawan. Terlebih, Sulsel secara geografis merupakan gerbang dari Indonesia Timur.

Dengan begitu, ia meminta agar potensi tersebut dimanfaatkan. Adapun caranya dengan mendaftarkan sedikitnya 50 desa yang ada untuk dinobatkan sebagai desa wisata.

“Kami hadir di sini juga dalam rangka Anugrah Desa Wisata Indonesia 2021. Saya minta pak Bupati dan pak Gubernur mendaftarkan lebih dari 50 desa wisata di Sulawesi Selatan sebagai representasi provinsi yang menjadi gerbang Indonesia Timur,” jelasnya.

Desa wisata, dijelaskan Sandiaga, merupakan salah satu program dari Kemenparekraf untuk memberikan stimulus bagi desa yang punya potensi menarik wisatawan. Sekaligus mendorong pembangunan daerah.

“Ketika kita ingin hadir di sini juga untuk memberikan sentuhan kepada masyarakat yang betul-betul membutuhkan perhatian kita yaitu masyarakat pedesaan yang sangat berdampak dari pandemi dan lambatnya ekonomi,” sambungnya.

“Mudah-mudahan dengan kehadiran kita di sini ini adalah program yang tepat sasaran tepat manfaat untuk segera membangkitkan dan memulihkan Insha Allah, pariwisata dan ekonomi kita,” tandas Sandiaga.

Sementara itu, Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mendukung program dari Kemenparekraf. Pihaknya pun, kata dia, bakal menggeliatkan desa sebagai tempat wisata baru. Juga untuk membangkitkan perekonomian masyakarat setempat.

“Tentu kami Pemprov Sulsel sangat berterima kasih banyak atas dorongan dan motivasi dari bapak menteri sudah berkenan datang di tempat ini,” jelasnya.

“Kami juga ini di provinsi tentu lagi berjuang dan semangat-semangatnya untuk membangkitkan kembali desa-desa wisata. Dan kami sekarang lagi membangun bagaimana memberi dukungan infrastruktur di beberapa wilayah di desa wisata di Sulsel,” tukasnya. (*)


BACA JUGA