Anggota HIPMIN Makassar mendonor darahnya di PMI Makassar, Sabtu (19/06/2021)/Ist

Dapat Dukungan dari HIPMIN, PMI Makassar Terus Tambah Stok Darah

Sabtu, 19 Juni 2021 | 22:39 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Makassar kembali mendapatkan stok kantong darah. Kali ini berasal dari Himpunan Pelajar Mahasiswa Nuku (HIPMIN), Sabtu (19/06/2021).

Ada 25 anggota HIPMIN Makassar yang mengajukan sebagai pendonor. Sementara yang lulus tes dan berhak didonor sebanyak 18 orang.

Disampaikan Wakil Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Makassar, Khudri Arsyad, pihaknya bersyukur bisa kembali mendapat pasokan stok kantong darah. Apalagi ini merupakan inisiatif dari HIPMIN sendiri.

“Inisiatif mereka untuk membantu ketersediaan stok darah,” jelas pria yang akrab disapa Udri ini. 

Di masa pandemi ini, Udri mengaku jika stok darah sulit dicari. Sementara kebutuhan rumah sakit (RS) terus meningkat. Olehnya, butuh dukungan dari semua pihak agar ketersediaan tetap aman.

“Karena selama pandemi ini, secara rutin kita bisa ukur dalam satu hari itu susah sekali kita mendapat jadwal donor. Dalam satu Minggu untung kalau ada jadwal donor,” akunya. 

“Jadi support pengadaan stok darah saat pandemi selama ini itu lebih banyak di Kandea dan Mall MARi, sekarang Alhamdulillah sudah mulai membaik,” sambung Udri.

Sampai sekarang, PMI Makassar terus menggenjot penambahan stok darah. Salah satunya dengan membuat sejumlah rangkain acara dalam memperingati hari doktor darah sedunia. Peringatannya berlangsung sampai 31 Juni nanti.(*)