Sandiaga Uno tiba di Air Terjun Bantimurung Bulusaraung didampingi Wabup Gowa, H. Abd Rauf Malaganni

Menparekraf Ikutkan 20 Desa di Gowa Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021

Sabtu, 19 Juni 2021 | 23:14 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

GOWA, GOSULSEL.COM — Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan ada 20 desa di Kabupaten Gowa yang akan diikutsertakan dalam ajang Anugerah Desa Wisata (ADW) Indonesia 2021. 

Sandiaga Uno mengatakan hal tersebut disela-sela kunjungan kerjanya di Air Terjun Bantimurung Gallang, Desa Pao, Kecamatan Tombolopao, Kabupaten Gowa, Sabtu (19/6/2021).

Sandi mengatakan, Desa Pao yang didatanginya ini masuk menjadi salah satu peserta dalam Anugerah Desa Wisata (ADW) Indonesia 2021 atau menjadi salah satu dari 20 desa wisata yang diikutkan.

“Ada 50 desa wisata yang diikutkan dalam penganugerahan ini di tingkat provinsi. Sementara khusus di Kabupaten Gowa ada 20 desa, kami melihat disini banyak sekali desa yang berpotensi menjadi objek wisata, tinggal kita benahi beberapa saja, seperti pada infrastrukturnya,” katanya. 

Menurutnya, Kabupaten Gowa ini memiliki banyak potensi wisata yang bisa dikembangkan. Sehingga dirinya berharap agar keberadaan destinasi wisata ini dipertahankan dan dijaga kelestarian oleh pemerintah setempat. 

Dirinya menyebutkan, pesona Kabupaten Gowa ini akan dinikmati mulai dari memasuki daerah berjuluk Butta Bersejarah ini. Apalagi ada sejumlah sajian kuliner khas yang dapat memanjakan lidah. 

“Saya menikmati kuliner khas disini dan enak sekali, sampai ditempat penginapan dingin sekali, suasananya memiliki sensasi tersendiri. Pagi-pagi saya berlari di Malino Highland di sambut dengan pemandangan yang luar biasa sekali,” jelasnya. 

Sementara Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni yang menerima kunjungan Menparekraf didampingi Pj Sekda Gowa, Kamsina mengatakan, Kabupaten Gowa ini memiliki potensi wisata yang cukup banyak. Salah satunya pada potensi alam berupa air terjun. 

Ia menyebutkan, saat ini ada 20 titik lokasi air terjun, salah satunya air terjun Bantimurung Gallang. Destinasi wisata Ini menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan yang ingin merasakan pengalaman wisatawan alam. 

“Kami menaruh harapan agar Bapak Menparekraf dapat mendukung desa wisata di Kecamatan Tombolopao dan kecamatan lainnya. Sebab dipercaya sektor pariwisata di Kabupaten Gowa akan kembali bangkit dari perekonomian yang terpuruk akibat pandemi,” katanya. 

Letak Kabupaten Gowa sangat strategis karena berbatasan langsung dengan Kota Makassar yang merupakan ibukota Sulsel. Belum lagi berbatasan dengan delapan kabupaten kota lainnya. Kabupaten Gowa memiliki 18 kecamatan 121 desa dan 46 kelurahan.(*)

Reporter: Endra Sahab