Kapolres Gowa AKBP Tri Goffaruddin Pulungan.

Kasus Covid-19 Meningkat, Kapolres Gowa Minta Aktivitas Masyarakat Dibatasi

Selasa, 22 Juni 2021 | 14:43 Wita - Editor: Dilla Bahar -

GOWA, GOSULSEL.COM–Kasus baru positif Covid-19 di Indonesia semakin meningkat. Terbaru, total kasus Covid-19 di Indonesia tembus angka 2 juta.

Melihat penyebaran virus Corona ini, Kapolres Gowa AKBP Tri Goffaruddin Pulungan meminta aktivitas masyarakat khususnya di Kabupaten Gowa dapat dibatasi.

Selain aktivitas dibatasi, orang nomor satu di jajaran Polres Gowa itu juga berharap masyarakat tidak memaksakan kehendak melakukan berbagai kegiatan apalagi berkerumun. Hal itu akan menjadi di cluster penyebaran Covid-19.

Sebab menurutnya, jika masyarakat memaksakan kehendak melakukan berbagai acara yang memancing kerumunan orang, maka tidak menutup kemungkinan kabupaten Gowa akan menjadi sama dengan provinsi lain atau akan menjadi zona merah penyebaran covid 19.

“Dengan tingginya penyebaran Covid-19 di Indonesia saat ini, saya menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat Gowa untuk meningkatkan kewaspadaan,” ujarnya, Selasa (22/6/2021).

Dirinya pun meminta kepada masyarakat terutama pemilik tempat usaha maupun tempat umum lainnya seperti pasar, toko dan lokasi wisata untuk mendisiplinkan pengunjung menerapkan protokol kesehatan.

Seperti menggunakan masker, mengecek suhu tubuh, mencuci tangan dan membatasi jumlah pengunjung.

“Jangan sampai seluruh masyarakat Gowa lalai akan hal itu karena akan berakibat fatal bagi kita. Untuk itu dibutuhkan kewaspadaan,” tambahnya.

Di Kabupaten Gowa sendiri, jumlah positif Covid-19 mencapai 40 orang. Hal tersebut diketahui berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Gowa yang rilis pada Senin, (22/6/2021) kemarin.

Dari data tersebut, 26 orang sementara dirawat dan 14 orang menjalani isolasi mandiri. Kasus positif Corona ini bertambah setelah 2 orang di kecamatan ditemukan positif.

Satu orang terkonfirmasi Covid-19 di Kecamatan Somba Opu dan satu lainnya di Kecamatan Tinggimoncong.

Menanggapi kasus positif Corona yang terjadi, Wakil Bupati Gowa H. Abdul Rauf Malaganni telah mendukung kebijakan pemerintah pusat terkait Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Mikro (PPKM).

“Kita tentu mendukung jika PPKM ini dilanjutkan. Kebijakan ini diambil dengan berbagai pertimbangan salah satunya kasus aktif yang mengalami peningkatan,” kata Wabup beberapa waktu lalu.

Saat ini kasus Covid-19 di Kabupaten Gowa kata Wabup cukup stabil. Hanya saja testing dan tracing belum maksimal dilakukan, sehingga penerapan prokes ketat sangat dibutuhkan.

“Kasus di Gowa mengalami tren penurunan. Tapi jangan menganggap enteng dan selalu terapkan protokol kesehatan,” tambahnya. (*)

*Reporter: Endra Sahab


BACA JUGA