#

Berhasil Dalam Pembangunan Kependudukan, Bupati Bantaeng Bakal Terima Penghargaan Tertinggi dari BKKBN

Sabtu, 26 Juni 2021 | 15:38 Wita - Editor: Muhammad Fardi -

BANTAENG, GOSULSEL.COM – Bupati Bantaeng H. Ilham Syah Azikin dipastikan akan menerima penghargaan tertinggi Manggala Karya Kencana (MKK) Tahun 2021 dari Kepala BKKBN-RI. Kepastian itu diterima setelah Pemerintah Kabupaten Bantaeng menerima undangan dari BKKBN dimana penghargaan akan diberikan secara virtual pada acara Gebyar Penghargaan Program Bangga Kencana Tahun 2021 pada tanggal 28 Juni mendatang.

Manggala Karya Kencana (MKK) adalah penghargaan tertinggi yang diberikan oleh Pemerintah Pusat melalui Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) kepada sosok yang dinilai mempunya dedikasi tinggi terhadap program pengendalian penduduk.

Bupati Bantaeng selama 2 tahun terakhir dianggap berhasil dalam intervensi program pembangunan kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga di Kabupaten Bantaeng. Angka Kelahiran Total (TFR) dibawah rata-rata provinsi dan nasional serta angka kepesertaan ber-KB (CPR) diatas rata-rata provinsi dan nasional turut menjadi indikator keberhasilan Program Bangga Kencana dinilai positif dan sukses.

Bupati Bantaeng sebagai inisiator dan Ketua Tim Pusat Penanggulangan Gizi Terpadu yang dihadirkan di Bantaeng, merupakan yang pertama di Indonesia. Upaya ini dianggap sebagai langkah positif dalam mendukung upaya pemerintah dalam penanganan/pencegahan stunting.

Selain itu Bupati Bantaeng mendukung pembentukan Kampung KB Mandiri berbasis desa dalam 2 tahun terakhir. Tercatat telah terbentuk total 14 Kampung KB di Kabupaten Bantaeng berbasis Desa/Kelurahan dengan 1 Kampung KB Percontohan.

Selain itu Bupati Bantaeng sangat aktif dalam kegiatan momentum Program Bangga Kencana lainnya, diantaranya Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor Tahun 2020 dan 2021 berlangsung sukses dan terlayani ribuan akseptor dalam sehari. Selanjutnya dukungan terhadap Pendataan Keluarga Tahun 2021 oleh Bupati Bantaeng berbuah kesuksesan dengan indikator jumlah keluarga terdata 100% hingga akhir periode pendataan.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Bantaeng memastikan Bupati Bantaeng akan menerima penghargaan tertinggi dari Kepala BKKBN tersebut setelah menerima surat perihal Penerima Penghargaan Program Bangga Kencana Tahun 2021, dimana Bupati Bantaeng merupakan satu-satunya Kepala Daerah di Provinsi Sulawesi Selatan yang akan mendapatkan penghargaan dari BKKBN tersebut yang akan diserahkan pada momentum Hari Keluarga Nasional ke-28 secara virtual tahun ini.(*)


BACA JUGA