BI Sulsel menggelar Sosialisasi dan Edukasi Cinta, Bangga dan Paham Rupiah di Hotel Four Points by Sheraton, Sabtu (26/06/2021)/Int

Gelar Sosialisasi, BI Sulsel Tekankan Cinta Bangga dan Paham Rupiah

Sabtu, 26 Juni 2021 | 19:39 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sulsel menggelar Sosialisasi dan Edukasi Cinta, Bangga dan Paham Rupiah. Kegiatan ini berlangsung di Hotel Four Points by Sheraton, Sabtu (26/06/2021).

Dalam sosialisasi ini, BI Sulsel mengundang seluruh media di Sulsel, baik cetak, online dan radio. Mereka pun digandeng untuk mengajak masyakarat Cinta, Bangga dan Paham Rupiah. 

Dijelaskan Kepala Kantor Perwakilan BI Sulsel, Budi Hanoto, Rupiah tak hanya mata uang. Melainkan juga merupakan simbol negara dan memiliki peran penting dalam stabilitas ekonomi. 

Hanya saja, dikatakannya, edukasi Rupiah yang selama ini dipahami oleh masyarakat cenderung terbatas pada kelayakan kondisi fisik uang. Sehingga, perlu adanya sosialisasi lebih masif.

“Kegiatan Sosialisasi dan Edukasi Cinta, Bangga, dan Paham (CBP) Rupiah bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta kepada Rupiah dengan cara merawat, memperlakukan dengan baik, dan mengetahui ciri-ciri keaslian Rupiah,” jelas Budi.

“Edukasi Rupiah telah mengalami rebranding yang awalnya berfokus pada fisik uang yaitu 3D (dilihat, diraba, diterawang) dan SJ (Jangan dilipat, jangan diremas, jangan dibasahi, jangan distapler, dan jangan dilipat) menjadi edukasi yang holistik yaitu Cinta, Bangga dan Paham Rupiah,” sambungnya.

Hal ini dimaksudkan untuk menumbuhkan rasa bangga pada diri masyarakat bahwa Rupiah merupakan salah satu simbol negara, identitas bangsa, dan menjadi satu-satunya alat pembayaran yang sah di NKRI. Serta memahami Rupiah yang memiliki fungsi penting dalam perekonomian Indonesia.

Kantor Perwakilan BI Sulsel kini sedang melakukan safari ke seluruh kota dan kabupaten di Sulsel. Itu untuk mengampanyekan rasa cinta, bangga, dan paham Rupiah kepada seluruh elemen masyarakat.

Sosialisasi Cinta, Bangga, Paham Rupiah juga melibatkan insan media mengingat media merupakan kanal penting untuk mengkomunikasikan dan memberikan informasi secara langsung kepada masyarakat.

“Kita harap kegiatan Sosialisasi CBP Rupiah kepada dapat mendukung Bank Indonesia dalam mengkomunikasikan pesan CBP Rupiah kepada masyarakat secara lebih luas,” tandasnya.(*)


BACA JUGA