Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan

Kasus Covid di Gowa Naik, Adnan: Masih Banyak yang Abai Protokol Kesehatan

Minggu, 04 Juli 2021 | 07:24 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

GOWA, GOSULSEL.COM — Kasus Covid-19 di Kabupaten Gowa mengalami kenaikan. Sedikitnya ada 170 kasus yang ditemukan dalam kurung waktu beberapa hari ini.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan usai memantau jalannya vaksinasi massal dengan sistem drive thru di Citraland, Jum’at (2/7/2021).

“Ada penambahan jumlah kasus Covid-19 di Gowa. Hari ini saja malah naik sekitar 170 kasus,” kata Adnan.

Adnan menilai bahwa naiknya angka kasus Covid-19 di Gowa disebabkan oleh transmisi.

“Saya pikir transmisi ya. Aktivitas masyarakat yang sulit kita bendung. Masih banyak yang abai protokol kesehatan. Sehingga kasus meningkat,” bebernya.

Untuk itu, dia berharap agar masyarakat tetap disiplin dengan protokol kesehatan seperti jaga jarak, memakai masker, dan tidak berkerumun.

“Saya rasa masyarakat sudah paham cara terhindar dari Covid-19. Disiplin protokol kesehatan jangan sampai kendor. Kita kencangkan lagi disaat ini,” harapnya.

Adnan melanjutkan bahwa dalam waktu dekat ini pemkab Gowa akan mengeluarkan kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Kebijakan ini diambil setelah pemerintah pusat memberlakukan PPKM darurat di Jawa dan Bali.

“Kita juga akan melaksanakan PPKM.
Tapi bukan PPKM darurat. Masih dalam kategori PPKM Mikro,” kata Adnan.

Menurut Adnan, ppkm mikro ini akan menyasar tempat-tempat keramaian seperti, tempat makan, warkop, tempat nongkrong, tempat wisata dan lainnya.

“Jadi nanti kita akan membatasi jam operasionalnya. Ancang-ancang kita tempat makan, warkop, dan tempat nongkrong akan tutup mulai pukul 20.00 Wita,” katanya.

Meski demikian lanjut Adnan, pihaknya akan terlebih dahulu memberikan sosialisasi kepada masyarakat jika PPKM Mikro ini diberlakukan.

“Waktu dekat ini kita akan rapat forkopimda dulu. Baru secara massif bisa mensosialisasikan kepada masyarakat dan setelah itu kita implementasi kan,” ujarnya.(*)

Reporter: Endra Sahab