Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar yang dikelola oleh PT Pelindo IV/Ist

Kinerja Cabang Meningkat, Pelindo IV Raup Keuntungan Capai 12,62 Persen

Senin, 05 Juli 2021 | 13:52 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV (Persero) mencatat secara total realisasi laba setelah pajak pada triwulan I-2021 sebesar Rp97,95 Miliar. Atau meningkat 12,62% dibandingkan dengan realisasi pada periode yang sama tahun lalu.

Direktur Utama (Dirut) PT Pelindo IV, Prasetyadi mengungkapkan penyebab peningkatan realisasi laba setelah pajak. Ialah meningkatnya kinerja pengusahaan dan pendapatan yang ada di beberapa cabang.

pt-vale-indonesia

“Realisasi laba tersebut juga sudah termasuk laba anak perusahaan yakni PT Kaltim Kariangau Terminal (KKT) sebesar Rp8,04 miliar, PT Equiport Inti Indonesia (EII) sebesar Rp1,11 miliar dan PT Nusantara Terminal Service (NTS) senilai Rp2,87 miliar,” terang Prasetyadi.

Dia menuturkan, hingga Mei 2021 pihaknya sudah melakukan beberapa rencana kerja yang ditetapkan pada tahun ini. “Yaitu melakukan standarisasi bisnis proses layanan operasional dengan memberikan jaminan Services Level Agreement (SLA) dan Services Level Guarantee (SLG), Customer Relationship Management dan Key Account Management,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Prasetyadi, pihaknya juga telah melakukan digitalisasi seluruh layanan bisnis. Yang di mana terintegrasi dengan layanan dan ekosistem logistik.

Dari segi Sumber Daya Manusia (SDM), sebutnya, BUMN operator pelabuhan ini juga telah melakukan peningkatan kompetensi dan kinerja SDM sesuai standar yang dibutuhkan. Juga meningkatkan keterwakilan SDM milenial dan perempuan dalam manajemen perusahaan.

Sebagai perusahaan yang memiliki cukup banyak cabang, ditambah dengan anak dan cucu usaha, Dirut Pelindo IV mengungkapkan bahwa pihaknya juga sudah melakukan peningkatan sinergi. Seperti bisnis antar cabang, Strategic Business Unit (SBU) dan anak serta cucu perusahaan, swasta, BUMN lain dan BUMD.

“Perseroan juga telah melakukan berbagai peningkatan pelayanan dan pangsa pasar melalui partnership dengan Terminal Khusus (Tersus) dan Terminal Untuk Kepentingan Sendiri (TUKS),” sambungnya.

“Semoga tahun ini Pelindo IV dapat mencapai target laba dan kinerja sesuai dengan yang telah direncanakan,” harapnya.

Dia juga meminta agar seluruh karyawan tetap bekerja secara produktif dan wajib menjaga protokol kesehatan, serta selalu waspada di tengah Pandemi Covid-19. “Harus selalu patuh pada 6M (Memakai masker, Mencuci tangan, Menghindari kerumunan, Menjaga jarak, Mengurangi mobilitas dan Menghindari makan bersama),” tutup Prasetyadi. (*)


BACA JUGA