Resmikan Pasar Mitra Tani, Adnan Sebut Bantu Kembangkan Usaha Tani Masyarakat

Kamis, 08 Juli 2021 | 23:13 Wita - Editor: Dilla Bahar -

GOWA, GOSULSEL.COM–Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan berharap kehadiran Pasar Mitra Tani mampu mengembangkan usaha pertanian yang ada di Gowa. Hal tersebut diungkapkan saat dirinya meresmikan Pasar Mitra Tani tersebut di Kantor Dinas Ketahanan Pangan Gowa, Kamis (8/7/2021).

Adnan mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi setiap inovasi yang dilakukan jajaran SKPD lingkupa Pemkab Gowa khususnya dalam hal peningkatan ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid-19 ini.

pt-vale-indonesia

“Tentu kami mengapresiasi inovasi-inovasi dariĀ  jajaran SKPD karena inovasi akan berujung pada peningkatan kinerja, terlebih inovasi ini akan banyak usaha masyarakat yang dikembangkan melalui Pasar Mitra Tani tersebut,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Gowa, Syamhari mengatakan Pasar Mitra Tani merupakan program strategis Kementerian Pertanian Bidang Ketahanan Pangan yang bertujuan membantu masyarakat meringankan beban rumah tangga dengan menggaet kelompok tani di Gowa dan harga produk dibawah harga pasar.

“Pasar ini ada untuk membantu masyarakat kita, baik kelompok tani maupun masyarakat umum karena seluruh stok yang tersedia di Pasar Mitra Tani ini adalah produk dari sejumlah Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) dan kita jual dengan harga dibawah pasar,” katanya.

Adapun beberapa stok barang yang tersedia ada empat item yakni beras, minyak, telur dan gula yang merupakan produksi lokal Kabupaten Gowa.

Selain itu, terdapat beberapa tanaman pekarangan berupa sayur mayur yang ditinjau oleh Bupati Adnan. Sayur mayur tersebut kata Syamhari sebagai contoh yang nantinya akan diperlihatkan kepada para kelompok tani atau masyarakat.

“Itu namanya tanaman pekarangan sebagai contoh yang akan kita perlihatkan kepada Kelompok tani nantinya, bagaimana kita memanfaatkan pekarangan untuk pemenuhan pangan keluarga seperti, sayur, buah, dan masih banyak lagi,” tambahnya.

Ia berharap,dengan adanya program Pasar Mitra Tani dapat meningkatkan program lainnya di Dinas Ketahanan Pangan dan bisa bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Gowa.

“Kami berharap program-program pertanian yang ada bisa bermanfaat, mengingat dimasa pandemi ini banyak masyarakat yang terdampak dan lebih banyak di rumah, sehingga pasar tani ini bisa meringankan beban dan tanaman-tanaman pangan strategis bisa meningkatkan kualitas pangan di rumah,” harapnya.(*)


BACA JUGA