Balai Kota Makassar/int

Alasan Danny Lockdown Balai Kota, Cemas Covid-19 Bisa Menyebar Cepat

Jumat, 09 Juli 2021 | 13:33 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Balai Kota Makassar kini dilockdown sampai 15 Juli. Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto mengaku keputusan penutupan harus dilakukan.

Sebelumnya, diungkapkannya, ada Aparatur Sipil Negara (ASN) yang terkonfirmasi positif Covid-19. Total ada 24 orang termasuk 1 meninggal dunia.

“Jadi kami melakukan lockdown kami dapat laporan ada 24 pegawai kota Makassar, di hampir seluruh SKPD dan 1 meninggal kemarin di Dinas Perikanan dan Pertanian (DP2),” ujar Danny, Jumat (09/07/2021).

“Sehingga saya mengambil kesimpulan untuk lockdown balaikota selama seminggu, sambil kita bersihkan,” lanjut Danny.

Danny pun telah memerintahkan Satgas Covid Hunter untuk mentracing seluruh pihak yang terpapar Covid-19. Ia menyampaikan bahwa inilah kenapa PPKM harus dilaksanakan sungguh-sungguh.

Salah satunya, sebagai usaha untuk memutus penularan Covid-19. “Ini kan pembatasan sama dengan PPKM dengan skala mikro. Sehingga pembatasan yang dilakukan pemkot adalah usaha untuk selamatkan masyarakat dan usaha putuskan penularan,” terangnya

Danny juga mengatakan bahwa Balai Kota yang menjadi pusat pelayanan publik terindikasi dalam sebuah skala kecil Kota Makassar, dan berpotensi menyebar secara cepat. Olehnya keputusan lockdown harus dilakukan.

“Balai Kota yang jadi pusat pelayanan publik itu terindikasi dalam sebuah skala kecil kota, itu sudah terindikasi begitu cepat penyebaran Covid-19,” katanya.

Terkait pelayanan, Danny menjelaskan, jika yang di lockdown hanyalah Balai Kota. Tetapi kantor pelayanan lainnya tetap beroperasi.

“Hal-hal esensial tetap masuk tapi kita sistem virtual semua. Seperti hari ini saya banyak di rumah dan koordinasi bisa langsung dan tidak,” katanya

“Kita masih punya kantor bersama. Ini ruang bukan seluruh. Jadi masih ada pelayanan termasuk kantor bersama di Maccini dan kantor bersama di Teduh Bersinar,” tutupnya. (*)


BACA JUGA