Pegadaian Makassar Komitmen Dukung Program Merdeka Belajar Kemendikbud Ristek

Sabtu, 10 Juli 2021 | 16:11 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — PT Pegadaian Kanwil VI Makassar terus menunjukkan dukungannya terhadap dunia pendidikan. Terbaru, dalam rangka mendukung program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dari Kemendikbud, pihaknya menandatangani nota kesepahaman dengan beberapa kampus di Kota Makassar. 

Salah satu instansi pendidikan yang sudah bekerjasama adalah Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar. Penandatanganan kerjasama tersebut berlangsung di Balai Sidang Unismuh, Sabtu (10/07/2021).

Penandatanganan tersebut diwakili oleh Pemimpin Wilayah PT Pegadaian Kanwil VI Makassar, Zulfan Adam. Lalu dari Unismuh yakni Rektor, Ambo Asse. 

Bentuk kerjasama yang disepakati adalah pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di lingkungan kampus Unismuh. Kemudian dukungan pembelajaran kampus merdeka, di mana salah satunya adalah kegiatan permagangan. 

Zulfan Adam menilai program MBKM yang sudah mulai diterapkan di beberapa universitas di Indonesia, terutama di Makassar merupakan langkah yang perlu diapresiasi. Sebab, menunjukkan dukungan terhadap pengembangan kemampuan mahasiswa dalam mengenal dan mengasah kemampuan yang dimiliki. 

“Saya melihat program MBKM ini memiliki output yang baik, dimana mahasiswa diberikan kebebasan untuk menggali lebih dalam kemampuan mereka masing-masing, dan sudah sepantasnya kami sebagai salah satu instansi negara mendukung proses belajar mereka dengan mengenalkan bagaimana lingkungan kerja nantinya,” jelasnya.

Selain meneken kerjasama dengan pihak UNISMUH, Pegadaian Kanwil VI Makassar juga telah bekerjasama dengan Universitas Bosowa pada hari 07 Juli lalu. Kerjasama tersebut juga dalam rangka mendukung peningkatan kompetensi mahasiswa melalui pembekalan-pembekalan teknis yang dapat menjadi nilai tambah bagi setiap mahasiswa. 

Penjajakan kerjasama antara Pegadaian dengan beberapa universitas di Makassar diharapkan masih terus berjalan dengan beberapa kegiatan yang bisa dilaksanakan bersama. Seperti pelatihan softskill bersertifikat, hingga pemberian mata kuliah dari pihak internal Pegadaian. (*)