Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi saat ditemui di kediaman Danny Pomanto, Senin (12/07/2021)

Persiapan Isolasi Apung Pemkot Makassar: Besok Survei Dermaga, Kapal Tiba 14 Juni

Senin, 12 Juli 2021 | 21:49 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar bakal menghadirkan tempat isolasi apung untuk pasien Covid-19. Invoasi ini disebut menjadi yang pertama di Indonesia.

Disampaikan Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi, sejumlah persiapan telah dilakukan. Itu setelah adanya persetujuan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan PT Pelni sebagai pengelola kapal.

“Teman-teman dari jajaran Kemenhub, Pelni dan semua pihak terkait ini responsif sekali atas inovasi dari pak Wali ini. Dari kemarin kita marathon meeting terus dengan pihak terkait untuk persiapan itu,” jelas Fatma, Senin (12/07/2021).

Beberapa persiapan itu diantaranya, melakukan survei ke dermaga yang di mana menjadi tempat berlabuhnya kapal tersebut. Setelahnya, datang bakal datang pada 14 Juni nanti

“Besok kita survei dermaga sama tempat berlabuhnya kapal. Begitu juga lusanya ada tim dari Jakarta yang akan tiba,” sambung Fatma.

Sebelumnya, Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto mengaku bahwa rencananya tersebut sudah didukung oleh Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi. Bahkan meminta untuk segera direalisasikan.

Demikian disampaikan Danny Pomanto. Persetujuan didapatnya usai melakukan zoom meeting dengan perwakilan Kemenhub dan PT Pelni, Minggu (11/07/2021).

Menurut Danny, isolasi terpadu apung skala kota adalah konsep isolasi mandiri untuk pasien Covid-19 pertama di Indonesia. Bahkan, sepengetahuan Danny, belum pernah dilakukan di kota-kota besar lainnya di luar negeri.

“Saya sudah berkomunikasi dengan Menhub, beliau mendukung sepenuhnya. Atas nama pemerintah dan warga Kota Makassar kami menyampaikan terima kasih atas sambutan positif Bapak Menhub,” tukas Danny.(*)