Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto/Ist

Wali Kota Makassar Jamin Keamanan Satgas Detektor Covid-19

Senin, 12 Juli 2021 | 15:28 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Wali Kota, Danny Pomanto memberi jaminan keamanan petugas Satgas Detektor Covid-19 yang bekerja di lapangan. Mereka dipastikan telah disuntik vaksin Covid 19 sebelum turun ke rumah-rumah warga.

Tugasnya, melakukan pengecekan kondisi kesehatan masyarakat. Lalu menilai status wilayah tersebut.

“Kalau belum divaksin kita ganti, kemudian divaksin (tim detektor). Mereka harus divaksin dulu, itu syaratnya,” ujar Danny, Minggu (11/07/2021).

Diketahui, tim detekor melibatkan sebanyak 10 ribu orang lebih. Dengan rincian, 5 ribu nakes, relawan dan 306 dokter.

Wali Kota kemudian menyebutkan progres vaksinasi sudah mencapai 100 persen. Itu lebih dari target awal yang dicanangkan.

Pelaksanaannya terus digencarkan melalui vaksinasi massal untuk masyarakat umum yang tersedia di 47 puskesmas. Harapannya, membentuk kekebalan kelompok atau Herd immunity.

“Sekarang akumulasi vaksin kita itu sudah 103 persen dari target 240 ribu orang itu,”

“Kalau tim epidemologi menyebut itu baru 39 persen, dibutuhkan 60 persen jika kita mau membentuk herd imunity (kekebalan kelompok),” jelasnya.

Diketahui, Danny Pomanto bersama wakilnya, Fatmawati Rusdi telah meluncurkan program penanganan khusus covid-19 di Kota Makassar. Ialah bernama Makassar Recover.

Ada beberapa satgas yang telah diluncurkan sebelumnya. Selain tim detektor, pemerintah telah menurunkan Satgas Pengurai Kerumunan (Raika) yang bertugas memantau protokol kesehatan masyarakat.

Kemudian, Satgas Covid Hunter yang bertugas melakukan testing, tracing (pelacakan), dan treatment pada warga yang dicurigai terpapar Covid-19.

Sementara, Satgas Detektor ini bertugas mendeteksi awal dengan alat GeNose, lalu akan ditindak-lanjuti dengan pemeriksaan swab antigen, dan Swab PCR bagi warga yang terindikasi kuat terpapar atau memiliki kontak erat dengan pasien positif Covid-19. (*)


BACA JUGA