AHM dan Astra Motor Sulsel menggelar AHM Best Student 2021 yang berlangsung secara daring, Selasa (13/07/2021)/Ist

Gelar AHM Best Student, Astra Motor Sulsel Ajak Pelajar Adu Kreatifitas

Sabtu, 17 Juli 2021 | 16:28 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — PT Astra Honda Motor (AHM) bersama Astra Motor (Asmo) Sulawesi Selatan (Sulsel) selaku main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulsel, Barat, Tenggara, dan Ambon kembali mengajak pelajar setingkat SMA untuk beradu kreatifitas dan inovasi. Mereka diajak untuk mengikuti program AHM Best Student 2021.

Memasuki tahun pelaksanaan yang ke-19, program ini merupakan salah satu komitmen Honda. Itu untuk turut melahirkan generasi muda yang produktif di berbagai kondisi, termasuk di masa pandemi yang menantang ini.

Kegatan ini berlangsung pada 15 April sampai 3 Juli untuk periode pendaftaran, sedangkan penjurian regional dilaksanakan pada Selasa, (13/07/2021) kemarin. Guna mencegah penyebaran virus Covid-19 serta mentaati aturan protokol kesehatan, gelaran ini dilaksanakan masih dengan konsep daring atau online seperti tahun sebelumnya.

Mengusung tema “Satu Hati Meraih Prestasi”, para peserta yang mengikuti program ini, telah memenuhi syarat dan ketentuan, seperti merupakan siswa atau siswi setingkat SLTA kelas 10 sampai 12. Peserta juga telah mengirimkan materi karya tulis dalam bentuk materi presentasi dan video.

Berbeda dari gelaran sebelumnya, kali ini AHM Best Student memiliki beberapa kategori yang berfokus pada berbagai isu yang marak di tengah masyarakat. Program ini membuka empat kategori ide program yaitu Program Pendidikan & Kebudayaan, Program Kepedulian Lingkungan & Kesehatan, Program Pemberdayaan Ekonomi/UKM, dan Inovasi Teknologi.

Para peserta digali kemampuannya dalam kreativitas gagasan, dampak yang dihasilkan, potensi keberhasilan penerapan, kekuatan penyajian data dan sumber informasi, serta kemampuan presentasi yang dimiliki. Dalam proses penilaian, hasil karya para peserta dinilai 4 kriteria penilaian utama yakni orisinalitas idea atau gagasan, dampak yang diberikan, implementasi ide dan analisa data.

Setelah melalui tahapan seleksi, Asmo Sulsel melalui tim penjuriannya menetapkan Andi Ahsan Ashuri dari SMAN 11 Wajo sebagai juara di kategori Kepedulian Lingkungan dan Kesehatan, Miskatul Hidayah dari SMAN 5 Takalar sebagai juara kategori Pendidikan Kebudayaan, serta Sunarti asal SMAN 5 Takalar untuk juara Wirausaha atau UMKM. Ketiga juara ini nantinya akan menjadi perwakilan main dealer Astra Motor Sulsel pada gelaran seleksi AHM tingkat Nasional pada bulan Agustus mendatang.

Kepala wilayah Asmo Sulsel, Thamsir Sutrisno mengatakan selama penyelenggaraan AHM Best Student, antusias anak-anak muda Sulawesi sangat tinggi. Pendekatan daring yang mulai dilakukan ternyata mampu menjangkau peserta yang lebih banyak, sehingga meningkatkan level kompetitif dan prestige program ini di kalangan generasi muda.

“AHM Best Student merupakan salah salah komitmen Honda untuk mengembangkan dan mengasah ide kreatifitas para generasi muda dan menjadi ruang kompetisi bagi pelajar yang kreatif. Kami juga berharap program ini menjadi inspirasi pelajar agar menjadi generasi solutif untuk menjawab berbagai tantangan masa kini, serta tentunya perwakilan Asmo Sulsel bisa menjadi jawara di kancah nasional”, tutup Thamsir.(*)


BACA JUGA