PT Pertamina Regional Sulawesi saat bersama Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto di kediaman pribadinya, Jalan Amirullah, Rabu (21/07/2021)/Ist

Dukung Program Langit Biru Pertamina, Danny Bakal Wajibkan ASN Pemkot Pakai BBM Ramah Lingkungan

Jumat, 23 Juli 2021 | 21:52 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Sejak diluncurkan pada bulan Maret lalu, program Program Langit Biru Pertamina mendapatkan respon positif di masyarakat. Yakni dengan adanya perubahan proporsi konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) yang lebih ramah lingkungan di Kota Makassar.

Tercatat dari mulai program berjalan sejak 21 Maret hingga saat ini, proporsi konsumsi BBM Ramah Lingkungan dengan Oktan 90 ke atas seperti Pertalite, Pertamax dan Pertamax Turbo mencapai 86%. Itu dibandingkan konsumsi BBM Oktan 88 atau Premium yang proporsinya hanya 14%.

Melihat perubahan perilaku masyarakat ke arah yang lebih menerapkan gaya hidup ramah lingkungan, Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto menyampaikan apresiasi dan siap mendukung penuh Pertamina untuk Program Langit Biru. Pada masa PPKM ini Pertamina masih memberikan promo dengan tujuan memberikan pengalaman berkendara menggunakan BBM Ramah Lingkungan kepada masyarakat.

“Program Langit Biru ini merupakan program untuk berubah atau changes ke kebiasaan baru (new normal). Program ini berkontribusi untuk lingkungan dengan mengurangi emisi gas karbon, biaya maintenance dan keawetan mesin pun jadi lebih baik,” ujarnya, Rabu (21/07/2021).

Dalam mendukung penerapan gaya hidup ramah lingkungan, Danny pun mengatakan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar akan meminta seluruh jajaran pemerintahan untuk menggunakan BBM Ramah Lingkungan. Aturan ini akan dikeluarkan melalui Surat Edaran (SE).

“Sayacakan meminta seluruh kendaraan dinas dan ASN serta keluarganya diwajibkan menggunakan BBM Ramah Lingkungan demi menjaga langitnya Makassar,” tambahnya.

Selain itu, Danny pun mendukung upaya Pertamina untuk terus memberikan edukasi dan literasi kepada masyarakat. Itu akan pentingnya BBM Ramah Lingkungan dalam upaya menjaga lingkungan dan kesehatan.

Sementara itu, Plt Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Sulsel, Ambo Masse yang turut hadir pada pertemuan tersebut pun menyampaikan dari sisi konsumen pentingnya edukasi literasi akan pentingnya penggunaan BBM Ramah Lingkungan. Sebab sangat berkaitan dengan dampaknya pada lingkungan, kesehatan dan kualitas mesin itu harus terus digaungkan.

“Makassar sebelumnya sudah jauh ketinggalan untuk penggunaan BBM Ramah Lingkungan dibandingkan kota-kota besar di Indonesia. Adanya peningkatan penggunaan BBM Ramah Lingkungan ini sudah baik dan harus terus digaungkan dan diedukasi kepada masyarakat,” tambahnya.

Unit Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Regional Sulawesi, Laode Mursali pada kunjungan audiensi Pertamina kepada Pemkot Makassar pun mengucapkan terimakasih dan mengapreasiasi pemerintah Kota Makassa. Ini atas dukungan yang telah diberikan sehingga program edukasi Langit Biru ini dapat berjalan dengan baik.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada pemerintah Kota Makassar atas dukungannya pada Program Langit Biru. Penyesuaian promo telah kami laporkan ke Pak Wali Kota, kedepannya akan terus dievaluasi dan disesuaikan berdasarkan animo masyarakat,” tambahnya.

Pada kesempatan ini pun, Pertamina secara simbolis menyerahkan bantuan 1.000 masker kepada Pemerintah Kota Makassar. Dibagikan dalam rangka membantu relawan Makassar Recover.

“Kita juga ingin Makassar pulih secepatnya dari pandemi. Oleh karena itu sebagai upaya mendukung penanganan COVID-19 di Kota Makassar kita memberikan masker sebagai bentuk support kita kepada relawan Makassar Recover yang ada di garda terdepan melawan Covid ini,” pungkasnya.(*)


BACA JUGA