Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto saat ditemui di kediamannya, Jalan Amirullah, Jumat (09/07/2021)

PPKM Level IV Diterapkan di Makassar, Danny Harap Warga Bisa Bersabar

Minggu, 25 Juli 2021 | 21:39 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – PPKM Level IV diterapkan di Kota Makassar pada Senin (26/07/2021). Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto sejauh ini masih menunggu petunjuk pusat.

“Kita tunggu dulu dari pusat, baru kita sampaikan. Ini kan PPKM Mikro berakhir besok, nah besok berlaku PPKM Level IV sampai VIII. Begitu hasil rapat kemarin, harus kami terapkan,” ujar Danny, Minggu (25/07/2021),

Sebagaimana diketahui, pemerintah pusat juga menginstruksikan Makassar untuk memberlakukan PPKM Level IV atau Darurat. Mengingat status sudah menunjukkan zona merah Covid-19.

Danny meminta masyarakat untuk tak khawatir. Menurutnya, pembatasan dalam PPKM Level IV tak jauh berbeda dengan PPKM Mikro.

“Tidak terlalu banyak bedanya, misalnya restoran untuk online itu 24 jam, sama sebenarnya, tidak terlalu banyak bedanya kok,” jelasnya.

Danny mengatakan sektor esensial tetap diizinkan buka. Seperti penanganan kesehatan dan energi.

Dalam PPKM Level IV, resepsi pernikahan dilarang. Namun, Danny belum mau memastikan pihaknya akan melarang atau mengizinkan hal tersebut

“Nanti saya lihat dulu, karena sudah banyak juga yang undangannya beredar, saya juga tidak mau mendahului itu, sebelum saya lihat papernya,” katanya.

Ia pun mengimbau, agar masyarakat bisa bersabar. Sehingga nantinya Makassar bisa terlepas dari kondisi PPKM Level IV tersebut.

“Tapi ini tentu dari hasil kerja-kerja kita semua, kalau kita disiplin siapa juga yang mau PPKM level IV, selama kita mau, ikutlah, insyaallah kalau kita sabar, itu menurun,” imbaunya.

Sementara, Plt Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Makassar, Akhmad Namsum mengatakan, jika SE Wali Kota Makassar terkait PPKM Level IV kemungkinan baru terbit Senin, 26 Juli 2021,” jelasnya.

“Belum terbit, saya koordinasi dengan Kemendagri, katanya diperkirakan terbit nanti malam yang berarti untuk Pemda besok pagi baru bisa diproses secara tertulis,” tambah Danny.

Terkait kabar adanya penyekatan diperbatasan bagi yang ingin masuk ke Makassar. Danny mengatakan belum pernah membaca adanya aturan mengenai hal tersebut.

“Saya tidak melihat ada yang mengatur penyekatan di situ, makanya saya heran juga, karena kemarin tidak dibahas penyekatan itu, tapi pembatasan yang lebih dari sebelumnya itu ada,” katanya.

“Tapi kalau penyekatan perbatasan itu tidak pernah saya dengar. Tapi nanti saya lihat, karena kami belum terima papernya,” tukasnya. (*)


BACA JUGA