Peninjauan Kapal Pelni Umsini sebagai tempat isolasi apung, Senin (19/07/2021)/Ist

Isolasi Mandiri di Kapal Pelni Umsini, Pemkot Sudah Buka Pendaftaran

Selasa, 27 Juli 2021 | 19:30 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Pemerintah Kota Makassar mulai membuka pendaftaran ihwal isolasi mandiri di kapal Umsini. Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto meminta Lurah untuk pro aktif turun ke masyarakat.

“Hari ini baru kita buka pendaftaran karena harus ada triase (proses identifikasi pasien) di Puskesmas,” kata Danny Pomanto, Senin (26/07/2021).

Adapun mekanisme pendaftaran, kata Danny, dengan memperlihatkan hasil tes PCR positif. Setelah itu, tim Covid-19 Hunter akan melakukan kunjungan ke rumah pasien untuk diantar ke Puskesmas.

“Kenapa ke Puskesmas? Di samping dia akan di Swab ulang juga akan diperiksa jantung dan semua yang menyangkut kesehatan,” ucap Danny.

Bila dalam pemeriksaan tersebut dinyatakan lolos, Danny mengatakan mereka bakal diikutkan dalam isolasi apung. Kapasitas kapal yakni 804 pasien dan disiapkan 64 tenaga kesehatan.

Danny menyebut sudah ada sekitar 3 ribuan orang di Makassar yang tengah menjalani isolasi mandiri di rumah. Sementara yang akan melakukan isolasi apung di kapal adalah mereka yang terpapar ringan dan orang tanpa gejala atau OTG.

“Kita akan tes kembali, jangan sampai ada yang terpapar Covid-19 sedang berat lolos isolasi di Kapal. Kalau sedang berat evaluasinya sulit,” ucapnya.

Tujuan isolasi apung untuk mengurangi beban rumah sakit dalam menampung pasien Covid-19. Pasalnya, saat ini Kota Makassar masuk PPKM Level IV.(*)