Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan didampingi Wakil Bupati Gowa, H. Abd Rauf Malaganni

Pemkab Gowa Dukung Program Bangga Kencana BKKBN Lewat Kampung KB

Selasa, 27 Juli 2021 | 19:27 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

GOWA, GOSULSEL.COM — Pemerintah Kabupaten Pemkab Gowa mendukung Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) yang dicanangkan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Hal ini disampaikan oleh, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan saat menghadiri Bridging Leadership Bangga Kencana yang dilaksanakan oleh BKKBN bekerjasama dengan Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri secara Virtual di Peace Room A’Kio Kantor Bupati Gowa, Selasa (27/7/2021).

pt-vale-indonesia

Adnan mengungkapkan bahwa sejauh ini sudah ada beberapa program Bangga Kencana yang sudah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Gowa, salah satunya adalah pendirian kampung-kampung Keluarga Berencana (KB) di wilayah Kabupaten Gowa.

“Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat itu adalah kampung KB. Kampung KB di Kabupaten Gowa sudah 54 kampung KB, itulah yang menjadi percontohan Bangga Kencana,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Gowa, Sofyan Daud menjelaskan bahwa, kedepan Pemerintah Kabupaten Gowa akan terus melakukan penambahan Kampung KB di wilayah Kabupaten Gowa.

“Jadi kita mau dorong jadi 60 supaya sesuai dengan di Renstra kita. Jadi sisa enam yang mau kita kembangkan lagi sehingga kita cukup 60. Itu adalah bagian miniatur dari pelaksanaan Bangga Kencana yang ada di Kabupaten. Kalau kita mau lihat keberhasilan bangga kencana kita bisa lihat di Kampung-kampung KB,” ujarnya.

Selain itu, Sofyan saat mendampingi Bupati Gowa juga menyebutkan bahwa program lain yang sudah berjalan di Kabupaten Gowa dalam rangka mendukung program Bangga Kencana adalah pengendalian laju pertumbuhan jumlah penduduk.

“Pelaksanaan Program Bangga Kencana khususnya berkaitan dengan laju pertumbuhan jumlah penduduk sudah berjalan bahkan sudah terkendali, kita sudah dibawa 2 persen bahkan sudah sangat menggembirakan,” kata Sofyan.

Lanjut Sofyan, Ini terlihat dari rata-rata jumlah jiwa dalam keluarga itu sudah 4 orang. Hal ini disebabkan karena tingkat partisipasi masyarakat dalam program KB sudah cukup tinggi atau sekitar 65 persen.

“Kita sudah berada dalam ukuran 65 persen, yang ikut KB di Kabupaten Gowa. Artinya bahwa dari 100 pasangan usia subur itu sudah ada 65 yang ikut KB. Itulah kenapa laju pertumbuhan penduduk di Kabupaten Gowa ini bisa kita kendalikan dengan baik,” ungkapnya.

Olehnya itu, Sofyan berharap ini bisa dipertahankan dan tentunya membutuhkan dukungan dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait lainnya di Lingkup Pemerintah Kabupaten Gowa.

“Alhamdulillah dukungan dari Pimpinan dalam hal ini Bapak Bupati dan Wakil Bupati Gowa selama ini cukup besar terhadap Bangga Kencana di Kampung-Kampung KB. Tentunya dukungan dari SKPD lainnya juga kita harapkan, karena kita tidak bisa jalan sendiri khususnya dalam hal Penanganan Stunting,” harapnya.(*)

Reporter: Endra Sahab