Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto saat ditemui di Terminal Penumpang Pelabuhan Soekarno-Hatta, Rabu (28/07/2021)

Pemkot Makassar Bolehkan Warga Ber-KTP Gowa-Maros Isolasi Mandiri di Kapal Pelni

Rabu, 28 Juli 2021 | 15:39 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar membolehkan warga di luar Makassar untuk isolasi Mandiri di Kapal Pelni Umsini. Terkhusus bagi mereka yang memiliki KTP beralamat di Kabupaten Gowa dan Maros.

Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto menyebut bahwa pihaknya tak mempersoalkan itu. Asalkan kuota isolasi untuk warga Makassar sudah terpenuhi.

“Ada yang bertanya di saya bagaimana kalau KTP Gowa, Maros, sebenarnya ini kan persoalan kemanusiaan. Kalau Makassar kuotanya sudah terpenuhi, saya kira tidak ada masalah,” jelasnya, Rabu (28/07/2021).

Tetapi, mereka yang ber-KTP Gowa atau Maros juga harus melalui proses medical check up sebelum diisolasi. Tujuannya untuk mengetahui kondisi pasien, apakah punya penyakit penyerta (komorbid) atau tidak. Sehingga lebih mudah ditangani.

“Tetapi kalau medical check up nya harus lengkap supaya masyakarat kita mempunyai data base. Itu karena kemungkinan komorbid yang dialami masing-masing,” tambah Danny.

Sejauh ini, disampaikan Danny, Pemkot terus mematangkan persiapan untuk mengisolasi pasien Covid-19 di Kapal Umsini. Ia berencana agar kapal sudah bisa menampung mereka pada besok, Kamis (29/07/2021).

“Jadi tinggal pemantapan, jadi kekurangan itu ada yang perlu disempurnakan, tapi sudah selesai. Saya kira sudah siap untuk menerima pasien,” ujarnya.

“Efektif Minggu ini, sebentar saya kasih keluar jadwalnya, kan masih rapat ini untuk menyempurnakan kemarin simulasi,” tukas Danny. (*)


BACA JUGA