Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto saat ditemui di Terminal Penumpang Pelabuhan Soekarno-Hatta, Rabu (28/07/2021)

Siap Beroperasi, Danny: Sudah Ada 112 Pasien Mendaftar Isolasi Apung

Kamis, 29 Juli 2021 | 12:00 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto menyebut saat ini tengah merampungkan regulasi isolasi apung di Kapal Pelni Umsini. Saat ini, sudah ada 112 pasein yang telah mendaftar.

“Saat ini ada banyak pertanyaan, misalnya ada warga bukan ber-KTP Makassar dari kabupaten tetangga, ini diterima atau tidak? Kita lagi rundingkan ini,” kata Danny, Rabu (28/07/2021).

Danny menilai selama kuota penduduk Kota Makassar telah terpenuhi. Maka hal itu tak ada masalah.

Ia mengatakan setiap pasien yang akan melakukan isolasi di Kapal Pelni Umsini mesti melakukan pemeriksaan di Puskesmas terlebih dulu. Bukan hanya pemeriksaan soal Covid-19 namun kelengkapan medical check up juga harus lengkap.

Hal itu, kata dia, agar masyarakat memiliki data base terhadap kemungkinan komorbid yang dialami masing-masing pasien isolasi mandiri.

Sementara itu, Danny mengatakan bahwa simulasi telah rampung dan berjalan dengan baik. Pemerintah kota telah siap memulai isolasi mandiri di Umsini.

“Besok kita sudah siap untuk menerima pasien yang akan isoman,” kata Danny.

Saat ini, pihaknya tengah membahas waktu yang tepat untuk membawa pasien isolasi untuk berlabuh. Sejauh ini, kata dia, dalam proses penyempurnaan.

Sebab itu, pemerintah kota juga menyediakan 6 kapal kecil yang khusus mengangkut logistik, makanan, laundry, dan VIP. Sementara Lantamal IV menyediakan 2 kapal yang khusus mengangkut pasien Covid-19.

“Jadi sendiri-sendiri, makanan sendiri, laundry sendiri, pasien sendiri, dan VIP sendiri,” tandasnya. (*)


BACA JUGA