Bupati Gowa menghadiri dies natalis Fakultas Teknik Unhas

Dies Natalis Ke-61 Fakultas Teknik Unhas, Bupati Gowa Harap Unhas Terus Lahirkan SDM Unggul

Rabu, 04 Agustus 2021 | 21:32 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

GOWA, GOSULSEL.COM — Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan Gowa, berharap Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin (Unhas) terus melahirkan Sumber Daya Manusia (SDM) teknik yang unggul dan berdaya saing global di era industri 4.0.

Hal ini disampaikan saat memberikan sambutan dalam rangka Peringatan Dies Natalis Fakultas Teknik Unhas Ke-61 di Fakultas Teknik Unhas Kabupaten Gowa, Rabu (4/8/2021).

Apalagi kata orang nomor satu di Gowa ini bahwa kemajuan suatu bangsa atau negara tidak lagi ditentukan oleh kekayaan alam, besarnya jumlah penduduk ataupun letak strategis, akan tetapi ditentukan oleh kualitas SDMnya.

“Siapa yang membangun sumber daya manusianya, yakin dan percaya dia akan menjadi negara yang berkembang sepertinya yang kita cita-citakan bersama,” ujar Adnan.

Lanjut Adnan, banyak daerah atau negara yang tidak memiliki Sumber Daya Alam, tapi karena mampu membangun SDM maka dia menjadi negara yang cepat pembangunannya.

“Tema Dies Natalis Ke-61 Fakultas Teknik Unhas ini sudah sangat tepat yaitu penguatan SDM teknik dan inovasi teknologi untuk akselerasi pengembangan kawasan timur berbasis negara kepulauan Indonesia yang integratif, adaptif dan berkelanjutan,” ungkapnya.

Selain itu, Sekretaris Jenderal Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) ini juga menjelaskan bahwa peran perguruan tinggi khususnya Fakultas Teknik Unhas dalam pembangunan bangsa dan daerah sejauh ini sudah tercermin dalam Tri Darma Perguruan Tinggi.

“Seperti pendidikan dan pengajaran, selama imi Fakultas Teknik Unhas telah menghasilkan alumni yang uni di bidang teknik dan telah memberikan kontribusi nyata terhadap pembangunan daerah dan nasional,” kata Adnan.

Kemudian Tri Darma Perguruan Tinggi yang kedua adalah penelitian dan pengembangan. Adnan mengaku Pemerintah Kabupaten Gowa siap menjadi lokasi penelitian dan pengembangan bagi Fakultas Teknik Unhas dalam menghasilkan teknologi untuk akselerasi pengembangan.

“Begitupun di bidang pengabdian kepada masyarakat sebagai tempat Fakultas Teknik Unhas berada, kami Pemkab Gowa akan selalu siap menjadi lokus program pengabdian masyarakat,” harap Adnan.

Selain itu, pada kesempatan ini Bupati Gowa juga ikut melaunching Inkubator Teknologi dan Bisnis Fakultas Teknik Unhas bersama Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, Rektor Unhas, Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu dan jajaran pimpinan Fakultas Teknik Unhas.(*)

Reporter: Endra Sahab