Pj Sekda Gowa, Kamsina memasang atribut para calon paskibraka

Jelang 17 Agustus, 70 Calon Paskibraka Gowa Mulai Jalani Latihan

Sabtu, 07 Agustus 2021 | 22:49 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Sebanyak 70 orang Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Gowa pada Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) 17 Agustus mendatang mulai berlatih.

pt-vale-indonesia

Pelatihan itu dibuka Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Kamsina sekaligus memasangkan atribut latihan di Lapangan Upacara Syekh Yusuf Discovery, Sabtu (7/8/2021).

Kamsina mengatakan para calon paskibraka merupakan orang-orang pilihan yang telah diseleksi untuk mengemban tugas dalam mengibarkan sang merah putih pada ulang Proklamasi Kemerdekaan RI, sehingga dalam pelatihan yang dilakukan hingga 16 Agustus nanti harus dibekali dengan pengetahuan yang cukup dan memadai serta dorongan yang tinggi.

“Kegiatan ini merupakan tugas berat dan menentukan berhasil tidaknya pelatihan yang telah dilakukan selama 16 hari, karena itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu kecermatan, kedisiplinan, dan keteguhan hati,” ungkapnya.

Selain itu, latihan yang dilakukan di masa pandemi Covid-19 ini, Pj Sekda meminta agar pelatih memperhatikan kesehatan para calon paskibraka, sehingga sebaiknya menyiapkan tim Dinas Kesehatan agar ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan cepat tertangani.

“Para pelatih segera menyurat ke Dinas Kesehatan agar disaat latihan ada ambulance yang standby untuk memperhatikan anak-anak paskibraka ini agar sehat dan segar dalam melaksanakan latihan hingga pelaksanaannya tiba” jelasnya.

Olehnya dirinya berharap latihan ini dimanfaatkan sebaik mungkin agar ketika peringatan detik-detik proklamasi pengibaran dilakukan dengan baik dan tidak ada kesalahan hingga penurunan bendera di sore hari.

Sementara, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Fajaruddin mengatakan peserta terdiri dari 70 orang yang merupakan siswa SMA/SMK/MA dari 18 kecamatan se-Kabupaten Gowa dan telah berlatih sejak 1 Agustus 2021 lalu serta akan dikukuhkan pada tanggal 16 Agustus mendatang atau sehari sebelum pengibaran.

“Pelatihan sudah dilaksanakan sejak 1 Agustus dan berlangsung sampai 16 Agustus dari pagi-sore di Museum Balla Lompoa dan di Diklat Tinggimae pada tanggal 14-16 Agustus,” jelasnya.

Sekadar diketahui pelaksanaan peringatan detik-detik proklamasi RI tingkat Kabupaten Gowa rencananya akan dilakukan di salah satu dari dua tempat yakni di Lapangan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Syekh Yusuf atau di Halaman Kantor Bupati Kabupaten Gowa.(*)


BACA JUGA