Pompa suplesy di Sungai Moncongloe Beroperasi/Ist

Pompa Suplesy di Sungai Moncongloe Beroperasi, Pasokan Air Baku Kembali Normal

Senin, 09 Agustus 2021 | 14:32 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Pasokan air baku yang mulai kembali normal setelah beroperasinya 2 unit pompa suplesy 1 unit kapasitas 600 liter/detik dan 1 unit kapasitas 300 liter/detik di sungai Moncongloe Maros. Itu akan membuat distribusi air bersih ke warga kota Makassar akan kembali terlayani.

Direktur Teknik Perumda Air Minum Kota Makassar, Imran Rosyadi Adnan mengatakan, Instalasi Pengolahan Air (IPA) 2 Panaikang yang merasakan dampak kemarau mulai berangsur membaik. Meski Bendung Lekopancing Maros masih drop 1,6 meter dibawah batas pelimpahan.

Debit air yang dihasilkan hampir normal kembali. Dan walau tidak seperti di musim penghujan.

Sebelumya, Imran menyebutkan, ada lima kecamatan yang bergantung pada IPA 2 Panaikang. Diantaranya, Ujung Tanah, Tallo, Biringkanaya, Tamalanrea dan sebagian Kecamatan Panakukang.

“Untuk kondisi saat ini menurut laporan terakhir dari pengelola instalasi, air yang masuk dari sungai moncongloe sudah mencapai 700 liter per detik ke IPA 2 Panaikang,” ucapnya.

Imran pun menuturkan, suplai air yang saat ini mendekati normal di IPA 2 Panaikang tak lepas dari bantuan dua pompa dari intake Malengkeri di Sungai Jeneberang. Di mana masing-masing pompa bisa menghasilkan kurang lebih 200 liter per detik sehingga bisa produksi air mendekati normal,” paparnya.

Salah satu bukti ketersediaan air di masyarakat, lanjut Imran, bisa dilihat dari jumlah laporan pelanggan yang masuk ke pengaduan Humas telah menurun hingga saat ini. Dari mulanya hingga puluhan per hari kini sisa satu atau dua orang saja,” tandasnya. (*)


BACA JUGA