Porang

Gowa Akan Sumbang 28.266 Ton Porang ke Cina

Selasa, 10 Agustus 2021 | 21:24 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan menyatakan kesiapan Kabupaten Gowa untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan Merdeka Ekspor Komoditi 2021. Kegiatan itu akan berlangsung di Pelabuhan Makassar pada 14 Agustus 2021 mendatang.

Dalam kegiatan tersebut, Kabupaten Gowa rupanya akan menyumbang sekitar 28.266 ton Porang. Hal itu diakui oleh Kepala Bidang Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Gowa, Nurlyah Djamir.

Dia mengatakan bahwa Gowa menjadi salah satu daerah yang berperan dalam giat Merdeka Ekspor yang diprakarsai Kementerian Pertanian RI.

“Untuk produk yang akan di ekspor berupa Umbi Porang yang akan di ekspor ke negara China. Dari sekian banyak yang akan di ekspor, Kabupaten Gowa mulai Januari hingga Agustus menyumbangkan 28.266 ton Porang,” katanya, Selasa (10/8/2021).

Dijelaskan bahwa Kabupaten Gowa termasuk daerah yang memiliki potensial tanaman Porang cukup tinggi dengan lahan yang cukup luas.

Hingga saat ini ada 8 kecamatan di Kabupaten Gowa penghasil Porang terbaik. Diantaranya Kecamatan Bungaya 8.428 ribu ton, menyusul Tompobulu kemudian Bontolempangan dan Biringbulu. Tombolopao juga, Tinggimoncong, Parigi dan Kecamatan Manuju.

“Jadi ada 8 kecamatan yang produksi Porangnya sejak 5 tahun terakhir ini sudah mulai tinggi, dari kecamatan-kecamatan itulah sumber ekspor Porang terbesar di Kabupaten Gowa,” kata Nurlyah.

Sementara itu, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan sebelumnya berharap Kegiatan bertema “Mendorong Produktivitas Pertanian Untuk Memacu Peningkatan Ekspor Dalam Mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional” ini dapat memperbaiki nasib para petani sebagai bagian paling hulu dari aktivitas pertanian ini.

“Kita berharap identifikasi petani khususnya porang dapat ditingkatkan di Kabupaten Gowa. Karena saya lihat ini adalah salah satu komoditi ekspor yang menjadi prioritas dalam kegiatan nanti,” pungkasnya.(*)


BACA JUGA