Pengendara di Simpang Lima Mandai, Batas Makassar-Maros saat menjalani tes swab antigen, Kamis (12/08/2021)/Ist

Tes Swab Antigen Acak Mulai Digelar di Batas Kota Makassar

Kamis, 12 Agustus 2021 | 23:38 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Perbatasan Kota Makassar kembali diperketat. Penyekatan terhadap pengendara yang melintas mulai dilakukan hari ini, Kamis (12/08/2021).

Pengendara dipilih secara acak untuk menjalani tes swab antigen. Mereka digiring masuk ke sebuah jalan oleh petugas gabungan yang berjaga.

Saat masuk ke dalam antrean, pengendara kembali diseleksi. Fokusnya yang ditemukan tidak mengenakan masker.

Mereka yang dipilih, dimintai dokumen identitas dan kontak telepon. Petugas medis yang menggunakan pakaian hazmat selanjutnya akan melakukan tes swab antigen.

Di sebuah tenda, mereka diminta menunggu hasilnya. Sementara pengendara yang tidak terpilih, dipersilakan melanjutkan perjalanan.

Itu terlihat berdasarkan pemantauan di Batas Makassar-Gowa tepatnya di Jalan Sultan Alauddin. Begitu juga di Simpang Lima Mandai yang merupakan batas Makassar-Maros.

Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto sebelumnya mengatakan ada 3 ribu alat swab antigen yang disiapkan. Tujuannya, untuk mendeteksi dan mencegah penularan virus Covid-19.

“Kami sudah lapor, 3 ribu (alat tes) antigen di setiap perbatasan. Kita ada enam pintu dan kita akan drop semua,” ujarnya.

Dia menambahkan penyekatan gabungan di perbatasan untuk menekan mobiltas warga. Dengan demikian, harapannya dapat menurunkan kasus Covid-19.(*)