Penanaman 1.000 pohon Mangrove oleh STP Unhas dan Pelindo IV berlangsung di Makassar New Port pada Senin (16/08/2021)/Ist

Gandeng Pelindo IV, STP Unhas Tanam 1000 Pohon Mangrove di MNP

Rabu, 18 Agustus 2021 | 15:54 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Republik Indonesia (RI), Science Techno Park (STP) Universitas Hasanuddin (Unhas) bekerja sama dengan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV. Pihaknya menggelar penanaman 1.000 pohon mangrove di kawasan Makassar New Port (MNP).

Kegiatan ini dilakukan dalam upaya menghadirkan dan mendukung Ruang Terbuka Hijau (RTH) MNP pada khususnya. Juga Kota Makassar pada umumnya.

Pengembangan Wilayah MNP merupakan salah satu proyek strategis nasional (PSN), yang bertujuan agar konektivitas di laut bisa berlangsung lebih cepat. Kegiatan penanaman 1.000 pohon Mangrove berlangsung pada Senin (16/08/2021).

Koordinator Lapangan, Andi Amri menjelaskan kegiatan ini merupakan hasil inisiasi dan komunikasi STP Unhas dan Gustalcom (Gusung Tallasa Community) dengan PT. Pelindo IV. Dalam diskusi yang berkembang, Unhas dipercayaan untuk terlibat dalam Pengembangan Wilayah MNP.

Penanaman mangrove merupakan kegiatan awal kerja sama Unhas dan PT. Pelindo IV dalam rangka menghadirkan RTH. Direncanakan, berbagai kegiatan kerja sama di masa depan akan digelar, antara lain Penanaman dan Rehabilitasi Terumbu Karang serta Pemantauan Kondisi Oseanografi di sekitar wilayah MNP.

STP Unhas akan melibatkan unit kerja terkait di pada lingkup Unhas. Itu untuk mensukseskan kerja sama tersebut.

“MNP mengadakan Penanaman Mangrove guna mendorong Pelabuhan yang hijau untuk peningkatan kualitas udara segar dalam rangka mendukung Program Nasional Go Green,” jelasnya, Rabu (18/08/2021).

Di dalam master plan wilayah pengembangan MNP, telah disiapkan lokasi penanaman mangrove sebagai _greenbelt_ yang diharapkan dapat memberikan manfaaat sebagai _tangible and intangible benefits_ kepada MNP dan sekitarnya,” sambung Amri.

Amri menyampaikan dengan adanya kegiatan seperti ini akan semakin mempererat hubungan antara Unhas dan PT. Pelindo IV. Unhas juga turut berperan secara aktif dalam mendukung terbentuknya ruang hijau bagi masyarakat.

Unhas akan terus memberikan dukungan dan kontribusi sesuai kapasitas yang dimiliki terhadap berbagai langkah strategis PT. Pelindo IV untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pemeliharaan lingkungan.

MNP menjadi bagian dari komitmen PT. Pelindo IV untuk membangun kawasan pelabuhan terintegrasi. Adapun didesain berbasis _green and smart port_, salah satunya melalui penanaman mangrove.

Dengan luas 150 hektar, 20 hektar diantaranya dibangun ruang terbuka hijau. Terdiri dari berbagai jenis mangrove dan tanaman yang dicocok tumbuh di wilayah pesisir untuk menciptakan pelabuhan hijau atau _green port_. (*)


BACA JUGA