Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan menandatangani Ranperda yang telah disahkan menjadi Perda oleh DPRD Gowa

RPJMD 2021 -2026 Ditetapkan, Adnan Minta Dukungan Seluruh Komponen Masyarakat

Kamis, 19 Agustus 2021 | 00:03 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Pemkab Gowa bersama dengan DPRD Gowa melakukan Rapat Paripurna dalam rangka Penetapan Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Gowa T.A. 2020 serta Ranperda RPJMD Tahun 2021 – 2026 secara virtual zoom di Peace Room A’Kio Kantor Bupati Gowa, Rabu (18/8/2021).

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan dalam sambutannya menyampaikan bahwa di tahun ini, Pemerintah Kabupaten Gowa telah berupaya mengantisipasi kondisi daerah secara menyeluruh dengan melakukan penyesuaian – penyesuaian di berbagai sektor.

pt-vale-indonesia

Berbagai dinamika telah dilalui dalam menyusun Ranperda dengan semangat demokrasi, sinergi, dan menjunjung nilai-nilai kebersamaan.

Hal ini dilakukan agar substansi dokumen Ranperda yang diajukan dapat dipertajam dan disempurnakan lewat masukan dan saran khususnya oleh Badan Anggaran dan Pansus DPRD Kabupaten Gowa.

“Ketentuannya kan memang harus mengesahkan sebelum 6 bulan pasca dilantik. Tanggal 26 Agustus nanti Saya dan Pak Wabup sudah 6 bulan menjabat sebagai kepala daerah. Maka sebelum itu kita lakukan penetapan,” ujarnya saat ditemui setelah kegiatan.

Menurut Adnan, adanya pelampauan Pendapatan Asli Daerah sebesar 105,83% memberikan motivasi kepada pemerintah daerah untuk meningkatkan penerimaan PAD melalui peningkatan kualitas SDM/Aparat yang selama ini belum dimanfaatkan secara optimal sesuai aturan yang berlaku.

Oleh karena itu, di dalam RPJMD 2021 -2026 ini, Kabupaten Gowa mengusung visi “Terwujudnya Masyarakat yang Unggul dan Tangguh Dengan Tata Kelola Pemerintahan Terbaik”.

“Pada prinsipnya Ranperda RPJMD yang kita sepakati pada kesempatan ini, merupakan penjabaran dari visi, misi, dan program kepala daerah yang memuat tujuan, strategi, dan arah kebijakan pembangunan serta keuangan daerah,” terang Bupati 2 periode ini.(*)


BACA JUGA