Bupati Adnan saat memberikan sambutan pada Pencerahan Qalbu Jum'at Ibadah bersama jajaran ASN Lingkup Pemkab Gowa secara virtual di Peace Room A'Kio, Kabtor Bupati Gowa, Jum'at (3/9/2021).

Tak Gunakan APBD, Bupati Adnan Siapkan Mekanisme Penanganan Banjir

Jumat, 03 September 2021 | 14:50 Wita - Editor: Dilla Bahar -

GOWA, GOSULSEL.COM-Jelang musim hujan, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mulai menyusun rencana penanganan banjir. Hal ini dengan melihat beberapa wilayah di Kabupaten Gowa rawan banjir.

Bupati Adnan mengatakan, salah satu upaya yang akan dilakukan yaitu dengan membersihkan seluruh kanal dan drainase untuk meminimalisir banjir dan genangan. Bahkan rencana inipun akan dilakukan tanpa menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Kita sama-sama mengetahui sebentar lagi musim hujan akan masuk bahkan di bulan-bulan seperti ini sudah turun hujan dengan kategori deras, sehingga mengantisipasi ini kita akan susun rencana pembersihan kanal dan drainase tanpa memakai APBD atau membebani daerah karena keuangan sudah sangat sulit,” ungkapnya saat memberikan sambutan pada Pencerahan Qalbu Jum’at Ibadah bersama jajaran ASN Lingkup Pemkab Gowa secara virtual di Peace Room A’Kio, Kabtor Bupati Gowa, Jum’at (3/9/2021).

Ia mengaku pihaknya akan mengajak para pengusaha bekerjasama untuk ikut serta dalam pencanangan ini ditambah Bupati Bulukumba akan meminjamkan alat sepenuhnya kepada Pemkab Gowa berdasarkan hasil pertemuannya beberapa waktu lalu.

“Ini kita buat tanpa membebankan keuangan daerah sehingga pengusaha akan kita ajak berpartisipasi dan pak Bupati Bulukumba juga bersedia meminjamkan alatnya tanpa biaya,” tambah Adnan.

Selain itu, pihaknya juga akan melibatkan para honorer yang ingin ikut melakukan penanganan banjir ini karena akan ada tambahan penghasilan.

“Kita akan ajak honorer bagi siapa saja yang ingin bekerja penanganan banjir maka akan ada penghasilan tambahan dan langkah ini kita targetkan di beberapa kecamatan dulu yang rentan banjir dan genangan,” jelasnya. (*)


BACA JUGA