Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto saat meninjau RTH Perumda Air Minum Kota Makassar, Senin (09/08/2021)

Bukan Covid-19, Pemkot Makassar Gunakan GeNose Deteksi TBC

Minggu, 05 September 2021 | 18:00 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar akan menggunakan alat GeNose sebagai pendeteksi penyakit Turberculosis. Pengoperasian dimulai setelah kontainer Makassar Recover rampung.

Hal itu disampaikan Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto. GeNose, kata dia, difokuskan untuk skrining kesehatan paru-paru.

pt-vale-indonesia

Alasannya, disampaikan Danny, GeNose pada dasarnya merupakan alat untuk mengecek kesehatan paru-paru. Sehingga, pihaknya tidak akan menggunakannya sebagai testing Covid-19 yang semula direncanakan.

“Kalau masih ada CT scan ini untuk paru-paru. Jadi ini untuk semua paru-paru, apalagi kita TB no 2 di dunia. Kita pakai ini, berkah juga kita pakai ini. Kalau tidak kita tidak bisa beli itu barang-barang,” ungkap Danny, Minggu (05/09/2021).

Lebih jauh, Danny menyebut GeNose sudah siap digunakan. Untuk itu, pihaknya tinggal menunggu kontainer Makassar Recover di tiap kelurahan rampung.

“Jadi kalau GeNose ini tinggal pemeliharaan. Kita tidak akan tambah plastiknya karena plastiknya itu cukup mahal, murah plastiknya cuma dikali banyak,” tutupnya.

Sementara kontainer Makassar Recover tersebut berfungsi sebagai pusat kesehatan. Sekaligus menjadi tempat pemeriksaan GeNose.

Tiap kelurahan di Makassar bakal dibekali satu kontainer khusus. Dan itulah yang akan digunakan dalam rangka penanganan Covid-19. (*)


BACA JUGA