Foto Ilustrasi

Covid-19 Varian Mu Mengancam Kota Makassar, Pemkot Tingkatkan Kewaspadaan

Senin, 06 September 2021 | 22:45 Wita - Editor: Abd Gofur - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Pemerintah Kota (Pemkot) bersama TNI dan Polri menggelar pertemuan darurat. Bertempat Aula Sudirman Makodim 1408/BS, Senin (06/09/2021).

Rapat membahas rencana aksi menghadapi gelombang penyebaran varian baru Covid 19. Yakni bernama Mu dan Lambda.

Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto mengatakan langkah awal yang diambil ialah meningkatkan kewaspadaan. Belum diketahui secara pasti apakah virus tersebut telah menyebar di Makassar.

“Ini masih misterius. Kita harus mempersiapkan diri menghadapi varian Mu atau lambda namanya, ini L ya. Kalau yang sekarang Delta,” ujar Danny.

Ia memprediksi adanya potensi gelombang ketiga penularan Covid-19 karena varian itu. Tetapi, Danny meyakini bisa diantisipasi apabila masyarakat patuh menjalani protokol kesehatan (prokes).

“Yang jelas ada 4 tadi menjaga adaptasi sosial masyarakat dengan terbiasa memakai masker jangan buka, bagaimana inovasi, kolaborasi bersama tni polri dan bagaiman kita bergerak serentak,” jelas Danny.

Selain itu, terus turun melakukan edukasi menghadapi paparan Covid-19. Seperti menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan, mencegah kerumunan, membatasi mobilitasi dan interaksi.

“Percayalah TNI dan Polri tidak akan lengah memperingatkan masyarakat,” tambah Danny.

Danny juga melaporkan tren jumlah kasus selama sepekan terakhir yang mengalami penurunan. Secara harian berada dibawah 50 kasus. Berbeda dengan beberapa pekan sebelumnya yang bisa mencapai di atas 200 kasus.

“Jangan lengah, beberapa kota yang tadinya oranye kembali hitam, jadi hati-hati tidak boleh dipandang enteng ini,” tutup Danny. (*)


BACA JUGA