Kepala Bidang Penindakan Dinas Penataan Ruang Makassar, Karyadi Karsa/Ist

Bikin Semrawut, Tim Terpadu Pemkot Bakal Tertibkan Toko Ponsel di Jalan Rappocini

Rabu, 08 September 2021 | 20:49 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Toko ponsel yang berada di sepanjang Jalan Rappocini Raya, Kecamatan Rappocini akan diterbitkan. Sejumlah regulasi dinilai dilanggarnya karena memanfaaatkan ruang lahan parkir sebagai tempat usaha.

Pemkot Makassar akan membentuk tim terpadu untuk menuntaskan persoalan tersebut. Sebab, bila hal itu dibiarkan tak menutup kemungkinan bakal menjadi contoh buruk di tempat lain.

“Dia pakai lahan parkir untuk jualan. Nah ini perlu tim terpadu yang terdiri dari DTRB, PTSP, perdagangan, dan perhubungan untuk melihat itu secara bagus karena semrawut,” kata Kepala Bidang (Kabid) Penindakan Dinas Penataan Ruang (Distaru) Makassar, Karyadi Karsa, Rabu (08/09/2021).

Distaru, kata dia, akan menyoroti ruang lahan parkir yang berubah menjadi lahan jualan. Sementara Dinas Perdagangan (Disdag) bakal masuk pada izin usaha toko tersebut.

“PTSP akan menyoroti pelaku usaha saat mengambil izin luas usaha yang dia mohonkan, tentu sebesar ruko yang mereka miliki,” ujarnya.

Sementara Dinas Perhubungan (Dishub) bakal menyoroti dampak kemacetan yang ditimbulkan pelaku usaha tersebut. “Sekarang hampir, bahkan semua penjual handphone itu menggunakan lahan parkir sebagai lahan usaha,” ucap Karyadi.

“Etalase tokonya sudah sampai got setelah itu orang-orangnya berdiri di pinggir jalan, tentu memacetkan,” sambungnya.

Sebelumnya, Distaru Kota Makassar telah melakukan peneguran terhadap Alfamart di Jalan Rappocini lantaran membuat tembok mulai dari pintu hingga bibir jalan. Tingginya sekitar 1,5 meter.

“Kami sudah melakukan peneguran, itu tak boleh karena fasilitas umum. pihak Alfamart akhirnya mengerti dan membongkar kembali tembok bangunan tersebut. Sehingga tak ada sekat di area parkir antara satu ruko dengan ruko lain,” tutupnya.(*)


BACA JUGA