CEO PSM Makassar, Munafri 'Appi'Arifuddin dan Wali Kota Parepare, Taufan Pawe saat meninjau Stadion BJ Habibie, Rabu (08/09/2021)/Ist

Tatap Liga 1 2022, Appi Siapkan Stadion BJ Habibie Sebagai Kandang PSM

Kamis, 09 September 2021 | 01:05 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

PAREPARE, GOSULSEL.COM — CEO PSM Makassar, Munafri ‘Appi’ Arifuddin, menginginkan Stadiom BJ Habibie Parepare bakal jadi home base PSM Makassar. Hal ini dilakukan jika pertandingan Liga I telah memakai sistem home away yang direncanakan 2022 mendatang.

Keinginan Appi cukup serius. Dirinya memboyong beberapa petinggi PSM Makassar menemui Wali Kota Parepare, Taufan Pawe. Mereka diterima di Ruang Wali Kota Parepare kemudian melanjutkan kunjungan di Stadion BJ Habibie, Rabu (08/09/2021).

“Insya Allah tahun depan, tidak ada alternatif lain untuk memilih tempat sebagai home base PSM kecuali di Kota Parepare. Karena kami menganggap seluruh kesiapan yang dimiliki Parepare sudah dua langkah kedepan dibanding daerah-daerah yang ada di sekitar kami,” kata Appi.

Mantan Calon Wali Kota Makassar ini menjelaskan, pertimbangan pihaknya memilih Stadion BJ Habibie karena faktor jarak dan infrastruktur. Infrastruktur tidak selamanya stadion. Tetapi sarana penunjang yang akan digunakan tim-tim tamu. Contohnya sarana akomodasi hotel yang memadai serta dukungan pencinta sepak bola di wilayah Kota Parepaare dan sekitarnya.

“Banyak daerah yang dekat dari Kota Makassar tapi tidak punya infrastruktur sepak bola yang memadai. Dasar stadion ini alhamdulilah sangat memadai makanya kami mendatangkan tim infrastruktur PSM untuk kita tinggkatkan bersama stadion ini,” jelasnya.

Sementara Wali Kota Parepare, Taufan Pawe (TP) mengatakan, suatu kehormatan bagi masyarakat Kota Parepare jika PSM Makassar berkandang di Kota Parepare. TP menilai, hal ini bakal menjadi multiplier efek yang bisa meningkatkan perekonomian masyarakat Kota Parepare.

“Tingkat wali kota cup saja, semua dunia usaha mendapat hal positif. Insyallah, Parepare berkomitmen mendukung industri sepak bola. Insyallah kita juga masukkan pada anggaran perubahan 2021. Karena multiplier efeknya mengahsilkan sumber-sumber ekonomi baru di Kota Parepare,” katanya.

TP yang juga penggemar sepak bola ini mengaku, rencana PSM Makassar berkandang di Kota Parepare seperti gayung bersambut. Mengingat, visi misi Taufan Pawe membangun Kota Parepare sebagai kota industri tanpa cerobong asap dapat terwujud melalui industri persepakbolaan.

“Pak Appi mengatakan, Industri sepak bola ini sangat menjanjikan. Seperti inilah yang saya maksud. Dengan semangat ini, saya meyakini pada sektor kepariwisataan Kota Parepare bakal meningkat. Karena industri sepak bola memiliki multiplier efek yang positif bagi perekonomian,” pungkasnya.(*)