Salah satu varian motor Honda/INT

7 Tips Beli Motor Baru Lewat Marketplace

Jumat, 10 September 2021 | 08:30 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Saat ini hampir semua barang kebutuhan sehari-hari bisa dibeli secara online. Mulai dari kebutuhan dapur, fashion, elektronik hingga sepeda motor. Ya, saat ini Anda bisa beli sepeda motor online, tidak perlu ribet ke dealer apalagi di masa pandemi seperti sekarang dimana kita semua disarankan untuk menjaga jarak dan kurangi kontak fisik dengan orang lain.

Beli motor online bukan hal baru karena ada situs maupun marketplace yang menyediakan barang tersebut. Blibli misalnya. Anda bisa cari berbagai jenis motor dari seller terpercaya yang biasanya merupakan dealer resmi yang buka toko online di marketplace untuk memudahkan pelanggan memesan motor tanpa harus keluar rumah. Anda juga bisa membandingkan harga motor untuk mendapatkan penawaran terbaik. Misalnya harga motor Vario 150 yang bisa saja beda dari satu seller dan seller lain yang lokasinya di kota Anda.

Nah, jika tertarik untuk beli motor baru online lewat marketplace, berikut ada beberapa tips yang perlu diperhatikan agar tidak sampai jadi korban penipuan seller nakal yang selalu saja cari celah. Yuk simak infonya di bawah ini.

1. Beli hanya di situs terpercaya

Sama seperti belanja kebutuhan sehari-hari, beli motor baru online pun wajib hukumnya memilih situs terpercaya. Selain ada website khusus untuk jual beli motor online maupun website resmi dealer motor, namun ada juga opsi lain yang bisa dipilih, yaitu marketplace seperti Blibli.

Ini jadi hal pertama yang perlu dipertimbangkan karena situs aman dan terpercaya akan membuat pembelian Anda terjamin. Keuntungan beli di marketplace adalah dana Anda akan ditahan oleh marketplace sebelum dilepaskan ke seller. Jadi jika ada masalah dalam pembelian yang dilakukan, dana tidak akan dilepaskan dan bisa saja Anda ajukan refund sesuai dengan kebijakan yang berlaku.

2. Cek kredibilitas dan reputasi seller

Jika sudah menemukan seller yang menjual motor incaran Anda, jangan buru-buru melakukan pembelian karena Anda perlu mengecek kredibilitas dan reputasi toko atau seller tersebut. Caranya bisa melihat review yang ditinggalkan pembeli sebelumnya. Cek juga bintang yang dimiliki toko untuk menentukan reputasi maupun keamanan bertransaksi di toko tersebut

3. Perhatikan detail motor yang dijual

Setiap penjual biasanya menyertakan informasi lengkap seputar motor yang dijual. Mulai dari modelnya, fitur-fitur atau teknologi yang disematkan pada motor tersebut, serta bagaimana dengan surat-surat penting yang harus disertakan dalam pembelian.

Sebagai komparasi, Anda bisa membandingkan info yang ditulis seller atau toko online tersbeut dengan info resmi yang dimuat di website resmi pabrikan motor, misalnya Yamaha atau Honda yang merupakan dua pabrikan paling populer di Indonesia. Jika ada info yang berbeda, Anda patut curiga jika motor yang diiklankan atau dijual online tersebut beda dengan yang seharusnya.

4. Jangan tergiur harga murah

Harga murah tentu jadi magnet tersendiri. Namun Anda perlu waspada jika ada motor baru yang ditawarkan jauh di bawah harga pasaran. Bisa jadi indikasi penipuan atau ada biaya lain yang disembunyikan.

Jadi pastikan Anda tahu harga pasaran motor yang diincar dan menjadikan harga tersebut sebagai benchmark untuk mencari penawaran yang masuk akal, bukannya yang harga terlalu murah.

5. Liat rincian soal plat nopol dan STNK

Umumnya  jika beli motor langsung di dealer maka pemrosesan plat nopol dan STNK akan dilakukan sekitar 2 minggu sejak tanggal pembelian. Nah jika beli online pun Anda tetap harus menanyakan perihal ini kepada penjual agar jelas bagaimana alur penerbitan surat penting ini dan juga plat nopol resmi.

Karena biasanya seller yang menjual motor online adalah dealer yang juga punya showroom offline, Anda tetap patut menanyakan perihal ini dengan lengkap agar tidak ada informasi yang keliru.

6. Metode pembayaran

Meski belanja di marketplace biasanya menawarkan opsi bayar lewat transfer maupun kartu kredit, namun ada baiknya cari yang menawarkan pilihan COD (Cash On Delivery) alias bayar di tempat saat semua kelengkapan motor selesai diperiksa dan sesuai dengan spesifikasi maupun info produk yang dibeli.

7. Teliti dan teliti

Sebelum memutuskan beli motor online, jangan lupa untuk tetap teliti dalam membaca detail produk, aturan refund, aturan pengiriman barang dan tak ketinggalan info mengenai jika ada kerusakan lalu bagaimana cara mengembalikannya.

Anda harus benar-benar membaca info yang tersedia di halaman penjualan agar tidak ada kesalahan saat sudah melakukan pembelian.

Nah, itulah tadi deretan tips yang bisa jadi referensi jika Anda ingin beli motor baru secara online. Semoga tips-tips di atas bisa membantu Anda lebih waspada dan bisa menemukan motor idaman dengan harga spesial. Jangan lupa untuk selalu jeli dan teliti dalam membaca deskripsi produk yang dijual agar tidak tertipu ya.(*)