Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan 'Danny' Pomanto saat ditemui, Selasa (07/09/2021)

Ada Pegawai Kontrak di Makassar Bergaji Sampai Rp500 Miliar, Danny: Ini Gila

Sabtu, 11 September 2021 | 16:02 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto lagi-lagi menemukan kejanggalan di pemerintahanya. Terbaru, yakni pembayaran gaji pegawai kontrak di Makassar.

Jumlah yang terdaftar hanya 8.200 pegawai. Namun yang dibayarkan untuk 11 ribu orang dengan beban belanja hingga Rp500 Miliar.

“Lebih besar dari ASN ini gila, jadi saya akan coba uji. Ternyata yang terdaftar di BKD hanya 8.200 orang,” ungkap Danny, Sabtu (11/09/2021).

Meski begitu, Danny tak ingin langsung melakukan pengurangan tenaga kotrak. Namun hanya mau memangkas anggaran yang dinilai kurang efektif.

“Berarti ada selisih 3 ribu lebih, gaji pegawai kontrak Rp 1,5 juta per bulan,” jelas Danny.

Pos belanja lain yang disoroti yaitu makan minum dan biaya perjalanan dinas. Langkah yang diambil yaitu melakukan pemangkasan hingga Rp680 Miliar.

Danny mengatakan bahwa draf rancangan yang disusun telah dilakukan finalisasi. Selanjutnya, bakal diajukan ke DPRD untuk dibahas dan disetujui.

“Jadi saya cut (potong) akhirnya dapat Rp 680 milyar dari sebelumnya Rp 670 milyar kan ada lagi 10 milyar,” jelasnya.

Ia juga memastikan kegiatan rutin pemerintahan tetap berjalan. Itu dilakukan pemangkasan.

Anggaran yang dipangkas, dialihkan untuk belanja modal dalam artian membiayai program yang menyentuh langsung masyarakat. “Kita cut bukan berarti itu hilang kegiatan, tetap berjalan tapi rasional,” tukasnya. (*)


BACA JUGA