Peternak di Gowa Nikmati Susu Sapi Program Kementan RI

Sabtu, 11 September 2021 | 15:56 Wita - Editor: Dilla Bahar - Reporter: Endra Sahar - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM-Program pengembangan susu sapi perah dari Kementerian Pertanian (Kementan) RI yang bekerjasama dengan PT. Cimory dan Pemkab Gowa mulai dirasakan oleh peternak.

Hasil dari program ini diharapkan oleh Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo agar susu sapi perah sudah bisa dinikmati oleh masyarakat pada 17 Agustus 2021 lalu.

Apa yang diharapkan oleh mantan gubernur Sulsel dua periode itu akhirnya terbukti. Sebab saat ini, peternak sapi sudah bisa merasakan hasil dari program pengembangan susu sapi perah tersebut.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan Gowa, Suhriati saat dikonfirmasi Sabtu (11/9/2021).

Dikatakan bahwa, para peternak sudah bisa menikmati susu sapi perah sekitar 15 liter per harinya.

“Alhamdulillah hasilnya sudah dapat dinikmati setiap hari peternak sapi perah yan tergabung dalam kelompok Tani Borimatangkasa,” ujarnya.

Menurutnya, program pengembangan sapi di Kabupaten Gowa terus berjalan dan saat ini memasuki tahap koordinasi pemantapan kegiatan menyambut kedatangan sapi perah 200 ekor.

“Sapi perah khusus yang sudah laktasi juga sudah datang dari Balai Perbibitan Ternak Unggul Baturaden sebanyak 2 ekor sekitar satu bulan yang lalu,” katanya.

“Saat ini baru 2 ekor yang datang dari 10 ekor sapi perah yang dijanjikan plus 1 ekor pejantan,” sambungnya.

Untuk menghasilkan susu yang berkualitas tambah Suhriati, para peternak ini telah menempuh pelatihan khusus menangani sapi perah yang menghasilkan produk berupa susu. (*)


BACA JUGA