Bupati Adnan Semangati Langsung Ribuan PPPK Guru yang Ikut Seleksi Kompetensi

Senin, 13 September 2021 | 23:31 Wita - Editor: Dilla Bahar -

GOWA, GOSULSEL.COM– Pelaksanaan seleksi kompetensi bagi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) fungsional guru lingkup Pemerintah Kabupaten Gowa mulai berlangsung Senin (13/9) hari ini.

Rencananya pelaksanaan ujian berlangsung selama empat hari kedepan atau hingga 16 September 2021 mendatang. Sementara untuk lokasi ujian dilakukan di empat titik antara lain di SMKN 4 Gowa di Kecamatan Pallangga dan SMAN 1 Gowa, SMKN 2 Gowa dan SMKN 3 Gowa yang berada di Kecamatan Somba Opu.

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan mengunjungi langsung keempat lokasi untuk memberikan semangat kepada peserta. Salah satunya di SMK 4 Gowa di Jalan Baso Dg. Ngawing, Kelurahan Magalli, Kecamatan Pallangga, Senin (13/9).

Menurut Adnan, keberhasilan peserta dalam menjalani ujian tersebut tentunya ditentukan dari segara persiapan yang dilakukan peserta.

“Siapapun yang mau masuk PPPK Guru ini harus seleksi dulu dan tidak ada intervensi dari kami ataupun siapa karena setelah tes nilainya langsung keluar, jadi ini murni karena usaha bapak dan ibu sekalian. Jadi yang menentukan adalah kalian sendiri dengan belajar, ikhtiar dan berdoa,” katanya.

Selain itu, ia menyampaikan saat ini kebijakan pemerintah sudah berubah, yakni jika dulunya ada pengangkatan tenaga guru honor sekarang tidak boleh lagi. Olehnya aturan yang ada saat ini adalah PPPK guru yang sama dengan ASN tetapi dinamakan perjanjian kerja.

“Sudah ada kebijakan sampai tahun depan tidak ada perekrutan CPNS tapi yang ada adalah PPPK. Jadi PPPK ini apabila insyaallah lulus maka perjanjian kerja 5 tahun dan akan dievaluasi setiap tahunnya, jika kinerja bagus maka akan diperpanjang setiap tahunnya,” jelasnya.

Olehnya ia berharap para peserta memanfaatkan momen ini untuk bisa belajar dan berikhtiar dengan sungguh-sungguh agar apa yang diharapkan bisa tercapai.

Sementara, Kepala Bidang Pembinaan, Pendidik dan Tenaga kependidikan Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa yang juga petugas lapangan seleksi PPPK, Syarifuddin Kulle mengatakan, sebanyak 2.620 peserta yang ikut tes seleksi kompetensi Guru PPPK ini dan dilakukan secara bertahap selama empat hari kedepan sementara yang akan diterima sebanyak 423 formasi.

“Yang mengikuti ujian ini khusus pendaftar PPPK sebanyak 2.620. kita lakukan selama 4 hari dimana dalam sehari di bagi dalam dua sesi,” ungkapnya, Senin (13/9).

Pelaksanaan tersebut kata Syarifuddin dilakukan dengan protokol kesehatan. Pasalnya selain keterangan swab test, dalam satu ruangan peserta dibatasi hanya 20 orang.

“Untuk sesi pertama pada SMAN 1 60 orang yang dibagi dalam tiga ruangan, SMKN 2 Gowa 50 orang tersebar di dua ruangan, SMKN 3 Gowa 60 orang atau tiga ruangan, dan SMKN 4 Gowa160 orang atau delapan ruangan. Jadi dalam satu ruangan hanya 20 orang saja agar tetap jaga jarak,” jelasnya. (*)


BACA JUGA