Tinjau Vaksinasi Pelajar, Kamsina Harap Sekolah Tatap Muka Bisa Segera Dilakukan

Selasa, 14 September 2021 | 12:33 Wita - Editor: Dilla Bahar -

GOWA, GOSULSEL.COM-Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gowa, Kamsina didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa, dr H Hasanuddin meninjau titik pelaksanaan vaksinasi massal untuk pelajar dan masyarakat di wilayah Kabupaten Gowa, Senin (13/9/2021).

Disela-sela peninjauan, Kamsina mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai upaya Pemerintah Kabupaten Gowa untuk meningkatkan cakupan vaksinasi terutama di kalangan pelajar.

Karena menurutnya, sejumlah siswa yang ditemui saat peninjauan mengaku ingin segera kembali sekolah tatap muka. Olehnya itu, dengan vaksinasi ini dirinya berharap seluruh siswa di Kabupaten Gowa bisa segera selesai divaksin.

“Anak-anak kita sudah mulai bosan dengan daring sehingga Pemerintah Kabupaten Gowa berupaya bagaimana siswa bisa divaksinasi semua, baik murid maupun tenaga pendidik dan tenaga administrasi di sekolah sudah divaksin agar bisa mengadakan sekolah tatap muka,” ujarnya.

Kamsina menyebutkan vaksinasi massal yang dilaksanakan bekerjasama dengan Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Sulawesi Selatan digelar di 5 (lima) titik di Kabupaten Gowa dan juga menyasar masyarakat umum.

“Vaksinasi kali ini kita laksanakan di lima titik dengan target 5.500 yaitu di SMAN 9 Pallangga, SMAN 2 Gowa, SMAN 14 Gowa, Kelurahan Bontomanai dan Kelurahan Borongloe di Kecamatan Bontomarannu,” ungkapnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa, Hj. Rike Susanti menyebutkan bahwa saat ini jumlah siswa sekolah yang sudah divaksin sekitar 10.600, dari 28.600 lebih pelajar. Jumlah ini merupakan pelajar dari sekolah yang berada di bawah naungan Pemerintah Kabupaten Gowa yaitu SMP.

“Per tadi malam 10.600 yang sudah ter input siswa kita yang sudah vaksin. Jumlah siswa SMP kita 28.600 lebih. Karena ada beberapa yang belum cukup umur 12 tahun sehingga belum bisa divaksin karena yang divaksin mereka berumur di atas 12 tahun. Kalau SMA kami belum tahu datanya karena ini rananya provinsi,” ujarnya.

Guna mendorong cakupan vaksinasi di kalangan pelajar, Rike mengatakan bahwa pihaknya akan terus melakukan vaksinasi untuk pelajar di seluruh wilayah di Kabupaten Gowa. Dirinya akan melakukan penjadwalan setiap kecamatan untuk melakukan vaksinasi di sekolah.

“Setiap hari kita sudah membuat titik vaksin untuk siswa. Olehnya itu saya mengimbau kepada seluruh orang tua agar mengajak atau membawa anaknya untuk divaksin sehingga proses belajar tatap muka bisa segera kita laksanakan,” harapnya.(*)


BACA JUGA