MSME for kids digelar oleh Pegadaian Makassar/Ist

Melalui Pilah Sampah Tabung Emas, Pegadaian Makassar Ajak Anak Peduli Lingkungan

Rabu, 22 September 2021 | 21:55 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM –- Setelah sebelumnya menyelenggarakan kegiatan Memilah Sampah Menabung Emas (MSME) pada bulan Juli, kini PT Pegadaian Persero kembali menyelenggarakan kegiatan serupa. Target peserta adalah anak-anak usia sekolah berusia 7-18 tahun.

Sesuai dengan nama kegiatan, yakni MSME for Kids. Setiap anak yang membawa Sampah ke Bank Sampah Binaan Pegadaian berhak mendapatkan kesempatan. Itu untuk membuka Tabungan Emas secara gratis dan memperoleh bingkisan spesial.

pt-vale-indonesia

Kepala Bagian Pengembangan Kemitraan dan Bina Lingkungan Kantor Wilayah VI Makassar, Awal Ma’ruf menyebut bahwa kegiatan MSME for Kids ditujukan untuk menumbuhkan kebiasaan baik bagi anak-anak. Di mana yakni memilah sampah dan menabung.

“Melalui kegiatan ini, kami ingin mengajak anak-anak untuk menjadi Pahlawan Lingkungan dengan belajar bagaimana cara memilah sampah yang benar,” ujarnya.

“Sehingga nantinya, mereka akan terbiasa untuk melakukan kegiatan memilah sampah dan menjaga lingkungan di sekitar mereka. Selain itu, kami juga ingin memperkenalkan kebiasaan menabung melalui produk Tabungan Emas,” sambung Awal Ma’ruf.

Kegiatan MSME For Kids secara serentak dilaksakan mulai hari ini di 7 Bank Sampah the Gade Clean and Gold yang tersebar di beberapa Area Kanwil VI. Di Makassar, ada 2 lokasi Bank Sampah yakni di Manggala dan di Jalan Kumala, sedangkan sisanya ada di Labukkang Parepare, Bulukumba, Kendari, Palopo, dan Ambon.

Awal menambahkan bahwa proses pengumpulan sampah boleh dilakukan secara berkala sampai jumlah sampah yang dikumpulkan senilai Rp 50.000. Untuk nilai tukar sampah nilainya beragam disesuaikan dengan jenisnya.

Contohnya sampah plastik yang memiliki nilai tukar Rp 3000/kg. Sehingga, dibutuhkan sekitar 17 kg sampah plastik untuk mencapai nilai Rp 50.000.

Anak yang sudah berhasil mengumpulkan sampah dengan nilai tukar minimal, juga akan mendapatkan bingkisan hampers dari Pegadaian yang berisi botol air minum (tumblr), sedotan aluminium, dan handsanitizer. Pegadaian Kanwil VI Makassar telah menyiapkan 350 bingkisan yang sudah terbagi di masing-masing Bank Sampah.(*)


BACA JUGA