Tekad Mentan SYL Untuk Satu Data Bersama BPS

Sabtu, 25 September 2021 | 17:39 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

JAKARTA, GOSULSEL.COM — Kuntoro Boga Andri Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementan menyatakan Kementan mengapresiasi penghargaan yang diberikan Badan Pusat Statistik (BPS) sebagai Mitra Terbaik BPS dalam meningkatkan komunikasi satu data.

Menurut Kuntoro, Mentan Syahrul Yasin Limpo sejak awal berani menyelesaikan urusan data pertanian yang selama ini selalu menjadi polemik publik. Dirinya teringat pertama kali SYL menjadi menteri, lembaga pertama yang dikunjungi adalah BPS.

pt-vale-indonesia

“Saya ingat betul akhir Oktober 2019, beliau pertama kali kunjungan sebagai Mentan, kantor BPS yang dituju. Tujuannya satu, data tidak boleh berbeda dan jadi polemik,” kenang Kuntoro.

Berturut kemudian Mentan baru kala itu mengunjungi kantor ATR/BPN. Semangat Mentan SYL selesaikan urusan data lahan pertanian bersama kedua lembaga yang telah dikunjungi.

“Tidak butuh lama gebrakan beliau membuat kita kini telah punya satu data luas baku sawah. Bahkan data yang dikeluarkan Kementan, selalu hanya berdasar data BPS yang tervalidasi. Kami percaya BPS wali data di negara ini,” tegas Kuntoro.

Maka bagi Kementan, Kuntoro menambahkan apresiasi BPS ini menjadi jawaban bagi keraguan sebagian pihak terhadap komitmen Mentan untuk menggunakan data yang valid dan terkonfirmasi kebenarannya.

“Kementan sangat perduli data. Pak Mentan sangat yakin data BPS tepat, dan nantinya data produksi seluruh komoditas harus tervalidasi lembaga ini. Dalam waktu dekat saya dengar data jagung nasional pun akan diterbitkan dalam format satu data KSA,” tambah Kuntoro.

Sebagai informasi, sebelumnya Kementerian Pertanian (Kementan) dianugrahi sebagai mitra terbaik Badan Pusat Statistik (BPS) 2021 dalam meningkatkan kinerja komunikasi satu data. Penganugrahan tersebut merupakan rangkaian BPS Award serta peluncuran logo sensus pertanian 2023 (ST2023) sesuai standar internasional yang mengacu pada World Census of Agriculture 2020.

Kepala BPS Margo Yuwono menyampaikan selamat atas penghargaan BPS Award yang diraih Kementan tahun 2021. Bagi BPS, kata Margo, Kementan adalah mitra terbaik yang memiliki kontribusi besar terhadap perkembangan statistik di Indonesia.

Karena itu ia berharap kemitraan ini mampu memberi solusi terhadap bangsa Indonesia agar keluar dari krisis pandemi secara cepat.

“Sekali lagi selamat kepada Kementerian Pertanian atas kinerja komunikasi satu datanya. Tentu juga kami mengharapkan agar Kementerian memberikan alternatif alternatif solusi untuk membantu bangsa Indonesia keluar dari dampak pandemi,” kata Margo, Sabtu, 25 September 2021.(*)


BACA JUGA