Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi saat menyambangi salah satu UMKM lorong untuk penilaian di Kelurahan Tamamaung, Rabu (29/09/2021)/Ist

Hadiri Lomba UMKM Tingkat Lorong oleh Diskopukm, Ini Pesan Fatmawati Rusdi

Rabu, 29 September 2021 | 19:31 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Agung Eka - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar melalui Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Diskopukm) menggelar lomba Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lorong tingkat kecamatan 2021. Wakil Wali Kota, Fatmawati Rusdi pun ditunjuk sebagai salah satu tim penilai.

Selain itu, turut hadir sejumlah pejabat lingkup Pemkot Makassar. Seperti Kepala Diskopukm Makassar, Sri Sulsilawati, dan Camat Rappocini, Sahruddin. Juga Tim Ahli Wali Kota Makassar, Naidah Naing.

pt-vale-indonesia

Wanita yang akrab disapa Fatma ini mengunjungi lokasi lomba UKM di empat kecamatan. Diantaranya, Rappocini yang diwakili Kelurahan Bonto Makkio, Panakukang di Kelurahan Tamamaung, Kecamatan Manggala di Kelurahan Borong dan Kecamatan Tamalanrea, tepatnya di kelurahan Buntusu.

Dalam sambutannya, Fatmawati mengapresiasi UKM di kecamatan. Di mana telah menampilkan berbagai aneka usaha kecil menengah di wilayahnya masing-masing.

“Saya yakin dan percaya dengan keterlibatan dan peran serta semua elemen masyarakat, tentunya UKM dapat mendorong peningkatan ekonomi warganya. Apalagi, selama adanya pandemi Covid 19 melanda menjadikan tingkat ekonomi masyarakat menurun,” ucapnya saat berada di Kelurahan Tamamaung, Rabu (29/09/2021).

Menurut Fatmawat, tujuan diadakannya lomba UKM ini dimaksudkan untuk pemulihan ekonomi masyarakat serta melihat potensi usaha kecil yang dijalankan oleh warga. Dan selanjutnya dilakukan pembinaan untuk pengembangan usaha.

“Potensi UKM setiap kecamatan menjadi bahan rujukan kami untuk menilai dan menentukan kondisi geliat ekonomi di kecamatan. Kalau mau Go Internasional, harus jelas legalitas produk yang dihasilkannya, banyak kriteria yang harus dipenuhi,” jelasnya.

Ada beberapa aspek penilaian dalam lomba UKM mencakup. Diantaranya, UMKN, Produk Pemasaran, dampak sosial, serta manajemen usaha.

Dalam kesempatan tersebut, Fatma mengingatkan bahwa walau saat ini kota Makassar telah ditetapkan PPKM level 2. Ia meminta agar warga tidak euforia dalam melakukan berbagai aktifitas.

“Kota Makassar bulan kemarin mengalami gelombang ke 2 peningkatan Covid 19 dan berada pada PPKM level 4. Alhamdullillah sekarang berada di level 2. Kita tidak boleh eforia melakukan berkegiatan, harus tetap patuh menjaga protokol kesehatan. Kita tidak mau ada kluster lagi,” tukasnya.(*)